Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Shalat Berjamaah dan Tingkat Kedisiplinan terhadap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus SMP Negeri se Kota Batam)

Sri Anggriyani, Andi Murniati, Zaitun Zaitun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kepatuhan melaksanakan shalat berjamaah terhadap tanggung jawab siswa; 2) pengaruh tingkat kedisplinan terhadap tanggung jawab siswa; dan 3) pengaruh kepatuhan melaksanakan shalat berjamaah dan tingkat kedisplinan terhadap tanggung jawab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN Negeri Kota Batam. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri Se Kota Batam yang berjumlah 1205 orang, dengan menggunakan teknik random sampling jumlah sampel sebanyak 502 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh kepatuhan dalam melaksanakan shalat berjamaah terhadap tanggungjawab peserta didik di SMP Negeri Kota Batam sebesar 31.5% dengan koefisien korelasi 0,561; 2) ada pengaruh pengaruh tingkat kedisiplinan terhadap tanggungjawab peserta didik di SMP Negeri Kota Batam sebesar sebesar 49.5% dengan koefisien korelasi 0,704; dan 3) Ada pengaruh kepatuhan dalam melaksanakan shalat berjamaah dan tingkat kedisiplinan secara bersama-sama terhadap tanggungjawab siswa di SMP Negeri Kota Batam sebesar sebesar 53% dengan koefisien korelasi 0,570.

Full Text:

PDF

References


Andriane, A., & Erhamwilda, E. (2020). The Correlation between the Habit of Carrying Out Jamaah Prayers with the Discipline Attitude of Students. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2010. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Asmani, J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Bariroh, S. (2015). Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, 3(2), hlm. 33-51.

Budiati, H. (2018). Lesson Study for Learning Community Sebagai Alternatif Meningkatkan Pedagogical Content Knowledge Guru Profesional. In Prosiding Seminar Nasional Guru Dikdas Berprestasi “Membangun Keteladanan Guru Pendidikan Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21”, hlm. 205.

Dewi, R. A. (2018). Hubungan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV. Joyful Learning Journal, 7(2), hlm. 64-71.

Djamarah, S. B. (2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ebta, S. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Gitome, J. W., Katola, M. T., & Nyabwari, B. G. (2013). Correlation Between Students’ Discipline and Performance in the Kenya Certificate of Secondary Education. International Journal of Education and Research, 1(8), 1–10. Retrieved from https://ir-library.ku.ac.ke/handle/123456789/13170

Hadidah, I. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Guru terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), hlm. 121-127.

Hawary, H. A. (2015). Kebiasaan Shalat Dhuha Dan Peranannya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Skripsi tidak diterbitkan.

Hermawan, R. (2017). “Pendidikan Karakter dalam Perintah Mendirikan Shalat”, http://bdkpalembang.kemenag.go.id/pendidikan-karakter-dalam-perintah-mendirikan-shalat/, diakses Rabu 13 Desember 2017, pukul. 17:34

Hidayah, R. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Yogyakarta: Sukses Offset.

Hidayati, M. A. (2016). Hubungan antara pelaksanaan shalat Dhuha dengan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pakis Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mulyasih, P. S., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), hlm. 602-602.

Musa, M., Sukur, A., & Fitranto, N. (2019). Korelasi Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab terhadap Indeks Prestasi Akumulatif Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Peserta Kegiatan Outdoor Based Character Building (OBCB). JSCE: Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 3(2), hlm. 161. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/12712

Naim, N. (2012). Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nufus, F. P., Dahlan R., M., & Hakiem, M. H. (2019). Pola Pendidikan Karakter melalui Penerapan 9 Pilar di Sekolah Karakter Heritage Foundation. Society, 3(2), 57. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pekerti, R. A. (2017). Hubungan Keaktifan Sholat Berjamaah Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2017/2018. Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Pratiwi, R. S., & Muhsin, M. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638-653.

Pulungan, E. N. (2018). Peranan Orang Tua dalam Mengajarkan Pendidikan Shalat pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 6(1).

Purwanti, E. (2016). Iimplementasi Penggunaan SSP (Subject Specific Pedagogy) Tematik Integratif untuk Menanamkan Tanggung Jawab, Kerja Keras, dan Kejujuran. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 2. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1194

Puspita, A., Utaya, S., & Ruja, I. N. (2017, May). Penanaman Nilai Tanggungjawab dan Kerjasama melalui Pembelajaran Geografi dengan Model Inkuiri. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 953-959).

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dan Keluarga. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Tri, E., Ameliyaningsih, D. T., & Kartika, P. (2020). Patuh kepada Tuhan atau Pemerintah? Culture Shock Masyarakat Muslim Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 3(2), hlm. 134-146.

Udin, K., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2018). Koordinasi Eksternal Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Tentang Implementasi Sistem Satu Arah Dikota Bogor. Jurnal Governansi, 3(2), 63-70..

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), hlm. 692-697.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), hlm. 692-697.

Yuliani, Damopolii, M., & Usman. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Siswa. Auladuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–155. https://doi. org/10.24252/auladuna.v6i2a5.2019




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v1i1.15261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.