Implementasi Etika Berwirausaha dalam Perspektif Islam

Mutiara Anjani, Irwan Irwan, Hade Yustika Prayoga, Diah Nurlatipah, Yayat Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan konsep wirausaha dari perspektif manajemen Islam. Dalam konteks ini, wirausaha tidak hanya dipandang sebagai aktivitas ekonomi, tetapi juga sebagai bentuk ibadah yang harus dilandasi niat baik dan tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, yang memungkinkan peneliti untuk menganalisis literatur terkait prinsip-prinsip wirausaha Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berwirausaha dalam Islam lebih dari sekadar mengejar keuntungan materi, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai etika, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Prinsip-prinsip seperti kejujuran, amanah, dan kerja keras menjadi pilar utama dalam praktik berwirausaha yang sejalan dengan ajaran Islam. Dengan demikian, wirausaha Islami tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para calon wirausahawan dan praktisi bisnis dalam menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta mendorong mereka untuk memprioritaskan aspek moral dalam setiap keputusan bisnis yang diambil

Full Text:

PDF

References


Ghafur, A. (2018). Etika bisnis dalam perspektif Islam. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1).

Amalia, F. (2012). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2).

Amalia, F. (2014). ETIKA BISNIS ISLAM: KONSEP DAN IMPLEMENTASI PADA PELAKU USAHA KECIL. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 6(1), 133-142. https://doi.org/10.15408/ijies.v6i1.1373

Juliana, J., Faathir, M., & Sulthan, M. A. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Pelaku Usaha Mikro : Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro Syariah Puspa Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat Di Bandung Tahun 2017. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 19(1), 36-43. https://doi.org/10.17509/strategic.v19i1.17663

Lubaba, A., & Prasetyoningrum, A. K. (2019). Etika Bisnis Islam: Implementasi pada UMKM Wirausahawan Krupuk Tayamum di Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(01).

Muarifah. (2021). Penerapan Etika Kewirausahaan Islam Pada Pedagang Pasar Rakyat Dipekkabata Pinrang. In Central Library Of State Of Islamic Institute Parepare (Vol. 3, Issue 2).

Romadona, W. S. B., & Ulfi, I. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Desa Jumbleng Indramayu. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(3), 65-72. https://doi.org/10.32503/jmk.v6i3.1927

Shobir, L. M. (2017). TASAWUF ENTERPRENEURSHIP: MEMBANGUN ETIKA KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PROPHETIC INTELLIGENCE. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 417-432. https://doi.org/10.21274/an.2017.3.2.417-432

Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96-112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295

Siti Amelia, Muhammad Iqbal Fasa, & Suharto. (2022). PENGARUH IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS, KONSEP PRODUKSI DAN DISTRIBUSI PADA UMKM TERHADAP PROFITABILITAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 305-313. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.729




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v13i2.35128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.