Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Gender pada Materi Trigonometri: Perspektif Kajian Tafsir

Muhammad Syaprul Alamsyah

Abstract


Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum yang sangat penting karena melibatkan kemampuankognitif yang setiap saat mengalami Perubahan dan perkembangan. Aspek kognitif yang meliputi cara berpikir termasuk perbedaan gender, hubungannya dengan kreativitas berpikir sangat beragam sehingga merupakan area yang penuh dengan kontroversi, oleh karena itu menarik untuk dikaji. Selain itu salah satu alternatif belajar yang digunakan guru untuk mengukur pemahaman dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah menyajikan masalah dengan tingkat kompleksitas masalah yang berbeda.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri. Hasil penelitian ini menunjukkan pada dasarnya aspek kognitif yang terbentuk pada subjek perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika cenderung sangat hati-hati, ragu-ragu, dan begitu terstruktur sedangkan pada subjek laki-laki cenderung cepat dalam mengambil sikap, kurang sistematis, dan kurang rapi.Namun pada dasarnya, ditinjau dari aspek kognitif tidak ada perbedaan signifikan yang ditunjukkan dalam hal kemampuan penyelesaian masalah matematika baik pada laki-laki maupun perempuan.


Full Text:

PDF

References


Apriani, E., Djadir, D., & Asdar, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 7

Asdar, S. A. A. R. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Viii Unggulan Smpn 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 20.

Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 25–29.

Fikri, K. (2012). Hubungan antara self-concept terhadap matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. 1(1), 19–30.

Buranda, M. S., & Bernard, M. (2018). Matematika Materi Lingkaran Siswa Smp Berdasarkan Gender. 1(1), 33–40.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. 2(1), 129–136.

Fak, J. P., Uin, K., Bonjol, I., Dosen, D., Tarbiyah, F., Uin, K., Bonjol, I., & Email, P. (n.d.). Hubungan Gender Dengan Kemampuan. 19–28.

Juhaevah, F. (2017). Standar Pisa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 221–236.

Asizah, K., Gender, B., & Self, D. A. N. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp berdasarkan gender dan self concept. 1(2), 129

Eka R . K . (2013). Penerapan Model Siklus Belajar Empiris Induktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Siswa SMP Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu. 1–9.

Mataram, F. U., Univesitas, F., Dharma, S., & Negeri, F. U. (2013). Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. November, 978–979.

M, R. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Soloditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 90.

Murtafiah, M., & Amin, N. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Kreano, 9(2), 139–148.

Nurmasari, N., & Kusmayadi, T. A. (2014). Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Kota Banjarbaru. 2(4), 351–358.

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender Dona Dinda Pratiwi. 6(2), 131–141.

Putri, F. F. W., & Dr. Masiyah, M. P. (2019). Profil Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Mathedunesa, 8(58), 38–45.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.

Terusan, J., & Sudirman, J. (2020). Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa Kelas. Siliwangi, I., 3(5), 517–528s




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v13i2.35125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.