Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Pondok Pesantren: Perspektif Al-Qur'an

Yanto Nur Hamzah

Abstract


Pengembangan kewirausahaan di pondok pesantren menjadi perhatian penting dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin kompleks. Artikel ini mengeksplorasi perspektif Al-Qur'an dalam memandang kewirausahaan dan bagaimana prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan di pondok pesantren. Melalui telaah terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan, artikel ini menguraikan nilai-nilai, prinsip, dan ajaran yang dapat menjadi landasan bagi pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan santri. Dengan memadukan ajaran agama dan prinsip kewirausahaan, diharapkan pondok pesantren dapat menjadi lembaga yang tidak hanya menghasilkan generasi yang religius, tetapi juga mandiri secara ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, M. (2022). Peran Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi Syariah (Studi pada Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Pondok Pesantren Zainul Hasan). ILTIZAMAT: Journal of economic sharia law and business studies, 2(1), 214-230.

Amin, M. (2017). Peran guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada lembaga pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105-124.

Aziz, A. A. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Membentuk Santri Yang Berjiwa Entrepreneur. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(3), 233-254.

Azizah, A., & Khatimah, S. N. (2020). Pembinaan karakter Muslimah melalui Kajian Tafsir bagi Ummahat di Lingkungan Sekitar Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Abdi Psikonomi, 120-126.

Budiyanti, N., Rizal, A. S., & Sumarna, E. (2016). Implikasi Konsep Ūlūl ‘Ilmi Dalam Al-QurĀn Terhadap Teori Pendidikan Islam (Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsīr Mu’Tabarah). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 51-74.

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza, 1(2), 212-229.

Darwisyah, D., Rosadi, K. I., & Ali, H. (2020). Berfikir kesisteman dalam perencanaan dan pengembangan pendidikan islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 225-237.

Elihami, E., & Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 51-60.

Fahmi, A., Gunawan, I. M. S., & Purmadi, A. (2023). Penyuluhan Kepemimpinan Islam di Pondok Pesantren. Jurnal Dedikasi Madani, 1(2), 53-58.

Faizal, M. F. (2015). Studi Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Ekonomi Islam. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 1(1), 49-58.

Falah, R. Z. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Fauzan, F. (2017). Integrasi Islam Adan Sains Dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru MI Berbasis KKNI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).

Fithriah, N. (2018). Kepemimpinan Pendidikan Pesantren (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern, dan Kombinasi). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13-30.

Gusmahansyah, R., Ali, H., & Us, K. A. (2022). Literature Review Sistem Berfikir Kebenaran Pendidikan Islam: Pengetahuan, Kepercayaan, Relativitas, Nilai Dan Moralitas. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 110-121.

Heriyudanta, M. (2016). Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 145-172.

Hidayati, C., & Pristiana, U. (2020). Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Melalui Pelatihan Menjahit Dan Kewirausahaan Pada Santri Pondok At-Tahiriyah, Bangkalan, Madura. Journal Community Service Consortium, 1(1).

Kholidah, L. N. (2015). Pola integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan. At-Ta'dib, 10(2).

Maherah, R. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada Siswa. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 209-232.

Makki, M. (2020). Peningkatan ekonomi pesantren melalui budidaya vanili dengan sistem agrikultur di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Istiqro, 6(1), 40-57.

Mashadi, A. I. (2020). Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pengelolaan Dana Infaq Produktif Berbasis Kewirausahaan Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet. FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1).

Mintarsih, M. (2022). Pemberdayaan Koperasi Terhadap Masyarakat Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(2), 890-893.

Puspita, H. R., & Rahimi, R. (2020). Optimalisasi Dana Infaq Produktif Berbasis Kewirausahaan Pesantren:: Studi Kasus Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet. Fadzat: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1).

Razali, S. (2022). Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 1-13.

Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 72-82.

SANTRI, K. D. D. (2012). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Lingkungan Pondok Pesantren Dalam Membangun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Somad, A., Rosadi, K. I., & Ali, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Model Sistem Pendidikan Islam: Jenis Kesisteman, Konstruksi Kesisteman, Berpikir Kesisteman. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 1(2), 200-210.

Supriadi, S. (2020). Pengembangan Potensi Peserta Didik dalam Lembaga Pendidikan Islam; Studi Manajemen Pondok Pesantren. Bahsun Ilmy: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 33-40.

Syam, J. (2016). Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2 (2), 73–83.

Tabrani, Z. A. (2013). Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam (Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah). Serambi Tarbawi, 1(2).

Usman, I. M. (2013). Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam. Jurnal Al Hikmah, 14(1), 101-119.

Zannah, F. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an: Integration of the Values of Character Education Based on the Qur’an. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 1-8.

Zannah, F. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an: Integration of the Values of Character Education Based on the Qur’an. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 1-8.

Vebrianto, R., Hermita, N., Irawan, D., Mujtahid, I. M., & Thahir, M. (2024). Teachers' experiences in sekolah penggerak program: a retrospective case study. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(1), 79-88.

Thahir, M. Telaa Surat Lukman Menurut Quraish Shihab: Memahami Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 22(2), 199-222.

Iskandar, E., Rahmadan, A. A., Andini, C. P., & Thahir, M. (2023). Strengthening the knowledge of PAUD teachers about character education through living values education in Bengkalis Regency. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1779-1793.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.