Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Imam Syafii

Khoironi Khoironi, Rifaldi Rifaldi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui; (1) Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP IT Imam Syafii; (2) Untuk mengetahui pengorganisasian kurikulum seorang guru dalam pembelajaran SMP IT Imam Syafii; (3) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum seorang guru dalam pembelajaran SMP IT Imam Syafii; (4) Untuk mengetahui penilaian/evaluasi kurikulum seorang guru dalam pembelajaran PAI (kompetensi dasar akhlak) di SMP IT Imam Syafii. Penelitian ini adalah penelitian penelitian kualitatif melalui analitic induction. Sumber data adalah guru teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mereduksi pandangan dalam partisipan, mereduksi permasalahan, mereduksi issue yang ada pada penelitian; pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian: (1) Bahwa implementasi perencanaan kurikulum dalam pembelajaran PAI dengan pembuatan program tahunan, program semester, dan program harian; (2) Bahwa implementasi organisasi kurikulum dalam pembelajaran PAI dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada saat akan melakukan KBM; (3) Bahwa implementasi pelaksanaan kurikulum dalam pembelajaran PAI dengan mempersiapkan materi serta menguasainya, mengerti akan tujuan yang akan dicapai, pandai memilih media dan metode mengajar, serta mampu mengelola kelas dengan baik. Selain itu guru sebagai uswatun hasanah agar siswa juga memiliki akhlak yang baik; (4) Bahwa implementasi penilaian/evaluasi kurikulum dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan memperhatikan 3 hal yaitu dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor.

Full Text:

PDF

References


Alawiah, Tuti, Muhammad Tamrin, and Marwan Gojali. 2022. “Pelajaran Al-Qur ’ an Hadis Pada Tingkat Dasar Kelas V Di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Manggarai.” TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1(2):1–8.

Am, Sudarajat. 2022. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Spmp) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Sekolah.” JIECO: Journal of Islamic Education Counseling 2(1):30–43.

Atika, Fitriyani, Zainal Azman, Taufik Mukmin. 2021. “Problematika Pelaksaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kota Lubuklinggau.” Edification 4(1):58–73.

Budi, Radiana, Tulus, Helaria. 2022. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Kristen Bukit Pengharapan Kabupaten Sanggau Damianus Budi Prasetya, Usman Radiana, Tulus Junanto, Helaria Mening.” Multiverse 1(2):51–58.

Darmaji, Achmad Supriyanto, Agus Timan, and Maulana Amirul Adha. 2020. “Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah Di Satuan Pendidikan Dasar (Studi Kasus Di SD Plus Al-Kautsar Malang).” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 5(2):172–86.

Dayusman, Edo Alvizar. 2023. “Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Journal of Management in Islamic Education 4(2):115–30. doi: 10.32832/idarah.v4i2.14793.

Gustini, Neng, and Yolanda Mauly. 2019. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4(2):229–44. doi: 10.15575/isema.v4i2.5695.

Haizah. 2017. “Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 3 Parepare.” Jurnal Studi Pendidikan 15(2):189–121.

Hamidah, Laila, Sawaluddin Siregar, and Nuraini Nuraini. 2019. “Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka.” Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. doi: 10.18592/tarbiyah.v8i2.2668.

Ilyas Ismail, Muh., and Andi Henriana Hasan. 2022. “Implementasi Standar Proses Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Swasta Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa.” Inspiratif Pendidikan 11(1):85–100. doi: 10.24252/ip.v11i1.29718.

Irmadani, Indah Sari. 2019. “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Swasta (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Permata Cendekia).” Jurnal Ansiru PAI 3(1):46–61.

Kusumastuti, M. K., and S. Lisnawati. 2018. “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Bogor.” …Annual Conference On 89–99.

Masyfu, Jiddy. 2017. “Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Pendidikan Agama Islam.” Dar El-Ilmi 4(2):188–206.

Mulabbiyah, Mulabbiyah. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kma Nomor 165 Tahun 2014 Di Madrasah.” Jurnal Tatsqif 16(2):108–25. doi: 10.20414/jtq.v16i2.470.

Mustofa, Ali. 2023. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan 3(3):350–60.

Nia Kurniasih. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran PAI.” Atthulab 3(2):158–68.

Nisa, Fadhillah Izzatun, and Tasman Hamami. 2023. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 9(3):1–16.

Noorzanah. 2017. “Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15(28):68–74.

Pia Nuraripah. 2022. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di Sdn Sukaluyu 2 Cianjur.” Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2(2):261–74. doi: 10.47498/ihtirafiah.v2i02.1245.

Rahminawati, Nan. 2021. “Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar.” JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 4(3):212–19. doi: 10.17977/um027v4i32021p212.

Rahwati, Ddeh. 2019. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Islamic Education Management 8(1):14–24.

Risal Sammara, Hasbi. 2023. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 8(1):45–58.

Rofatayatun, and Afifurrahman. 2019. “Organisasi Dan Struktur Kurikulum Pendidikan Islam.” Ta’limuna 9(3):29–30.

Sawaluddin, Koiy Syahbudin, Imran Rido, Supardi Ritonga. 2022. “Creativity on Student Learning Outcomes in Al-Quran Hadith Subjects.” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 3(2):257–63. doi: 10.46843/jiecr.v3i2.106.

Sawaluddin. 2021. “Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi.” Journal of Islamic Education El Madani 1(1):43–55.

Sawaluddin, Sawaluddin. 2018. “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. doi: 10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775.

Sawaluddin, Sawaluddin, and Sidiq Muhammad. 2020. “Langkah-Langkah Dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal PTK Dan Pendidikan. doi: 10.18592/ptk.v6i1.3793.

Sholeh Hutomo, Ghamal, and Tasman Hamami. 2020. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI.” At-Tafkir 13(2):143–52. doi: 10.32505/at.v13i2.1624.

Sulastri, Tien. 2020. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan.” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 5(2):53–60. doi: 10.51729/5211.

Supriadi. 2022. “Pengorganisasian Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMA Negeri 8 Bermuatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi Integration Science.” Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society 1(1):326–42.

Syafrudin, Syafrudin, Windy Divaci Anastasya, and Arifmiboy Arifmiboy. 2023. “Konsep Dasar Pengorganisasian Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2(5):607–14. doi: 10.31004/anthor.v1i5.179.

Taqyudin, Imam. 2022. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 Di SD Unggulan Permatajingga Malang.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 3(01):33–41. doi: 10.21154/maalim.v3i1.3783.

Ulandari, Liska, Ar Ridha, Dina Rozalita, Rizki Ananda, and Ramdhan Witarsa. 2022. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Analisis Kebijakan Standar Pembiayaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 6(3):2596–4424.

Utama, Dwi Praja. 2019. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Sman 1 Bengkulu Tengah.” Al-Bahtsu 4(2):251–58.

Wulandari, Tri, and Hery Noer Aly. 2023. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Multilingual 3(1):125–30.

Zulkarnain, Lutfi. 2022. “Pelaksanaan Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Pesantren Daar El Manshur.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(03):799. doi: 10.30868/ei.v11i03.2474.

Thahir, M. Telaa Surat Lukman Menurut Quraish Shihab: Memahami Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 22(2), 199-222.

Vebrianto, R., Hermita, N., Irawan, D., Mujtahid, I. M., & Thahir, M. (2024). Teachers' experiences in sekolah penggerak program: a retrospective case study. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(1), 79-88.

Iskandar, E., Rahmadan, A. A., Andini, C. P., & Thahir, M. (2023). Strengthening the knowledge of PAUD teachers about character education through living values education in Bengkalis Regency. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1779-1793.

Thahir, M., Hitami, M., & Zaitun, Z. (2023). Shaping Resilient Futures: The Effect of PAI-Based Anti-Drug Learning Devices in Riau Province's Junior High Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4736-4746.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v12i2.29188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.