Penerapan Logoterapi untuk Meningkatkan Makna Hidup pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan Masa Hukuman Tinggi di Rumah Tahanan Negara Kelas II A Jakarta Timur
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ade, dkk (2017).Peranan Medical Ministry dalam Meningkatkan Makna Hidup (Meaning In Life) Pada Individu dengan Disabilitas Fisik karena Kecelakaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora dan Seni. Vol, I No, 2.
Andirachman, N. (2013). Hubungan Antara Makna Hidup dengan Dimensi Kognitif Subyektive Well Being Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. (Skripsi, tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Bastaman,H.D.(2007).Logoterapi:Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Baihaqi, M.I.F. (2008). Psikologi Perumbuhan (Kepribadian Sehat Untuk Optimisme). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Crumbaugh,J.C, Maholic, L.T (1964). An Experimetal Study In Exitentilism: The Psychometric Approach to Frankl’s Concept of Noogenic Neurosis. Jurnal of Clinical Psychlogy.
Debats, D.L., Van Der Lubbe, P.M., & Wezermen, F.R.A.(1993).On the Psychometric Properties of the Life Rigard Index (LRI): A Measure of Meaningful Life. Personality and Individual Differences. Retrieved Dec 2005.Vol.14,337-345.
Ivey,A.E.,Ivey,M.B.,&Simek-Morgan, L.(1997). Counselling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective (Third Edition). Boston: Ally and Bacon.
Kelliger,F.N dan Lee,H.B. (2000).Foundation Of Behavioral Research.(Fourth Edition). USA: Holt, Reinnar & Winston, Inc.
Koeswara, E.(1992).Logotreapi,Psikoterapi Victor Frankl. Yogyakarta: Kanisius.
Machover & Karen, (1987). Proyeksi Kepribadian Suatu Metode Pemeriksaan Kepribadian.Alih bahasa oleh Hanna Wijaya.Bandung: Universitas Padjajaran Fakultas Psikologi.
Moeloeng,Lexy.J.(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Robert, K.Yin.(2006).Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta.Raja Garafindo Persada.
Steawart, R.H. (2008). Introduction to Physical Oceanography.Departement of Oceanography. Texas A & M University.345 p.
Sunanto,J.et.al.(2016).Pengantar Peneitian Dengan Subyek Tunggal.Tsukuba: CRICED University of Tsukuba.
Sutejo. (2017). Pengaruh Logoterapi Kelompok Terhadap Kemampuan Memaknai Hidup Pada Residen NAPZA. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol 5 No 1.
Suyadi. (2012). Logoterapi, Sebuah Upaya Pengembangan Spiritual dan Makna Hidup dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. I, No. 2.
Zubaidi, A. (2015).Tes Inteligensi.Jakarta: Mitra Wahana Media
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v12i2.28913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh: