Penerapan Logoterapi untuk Meningkatkan Makna Hidup pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan Masa Hukuman Tinggi di Rumah Tahanan Negara Kelas II A Jakarta Timur

Nurhidayati Nurhidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar di Organisasi Mahasiswa Psikologi Perguruan Tinggi Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi yang tergabung dalam Organisasi Pendidikan Tinggi Sumatera Barat yang berjumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu sampel dilakukan dengan cara mengambil subjek tidak berdasarkan strata, acak atau wilayah tetapi didasarkan pada tujuan spesifiknya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang. Hasil uji coba menunjukkan koefisien validitas pada skala Adversity Quotient bergerak dari 0,325 menjadi 0,606. Sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,906. Hasil uji hipotesis menunjukkan besarnya koefisien korelasi sebesar 0,303 dengan tingkat signifikansi p = 0,002 artinya dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar. Nilai positif menunjukkan bahwa semakin tinggi Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat maka semakin tinggi pula prestasi akademiknya, begitu pula sebaliknya semakin rendah Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat, maka semakin rendah pula Adversity Quotient yang dimiliki mahasiswa Psikologi yang mengikuti organisasi Perguruan Tinggi Sumatera Barat. prestasi akademik.

Full Text:

PDF

References


Ade, dkk (2017).Peranan Medical Ministry dalam Meningkatkan Makna Hidup (Meaning In Life) Pada Individu dengan Disabilitas Fisik karena Kecelakaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora dan Seni. Vol, I No, 2.

Andirachman, N. (2013). Hubungan Antara Makna Hidup dengan Dimensi Kognitif Subyektive Well Being Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. (Skripsi, tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Bastaman,H.D.(2007).Logoterapi:Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Baihaqi, M.I.F. (2008). Psikologi Perumbuhan (Kepribadian Sehat Untuk Optimisme). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Crumbaugh,J.C, Maholic, L.T (1964). An Experimetal Study In Exitentilism: The Psychometric Approach to Frankl’s Concept of Noogenic Neurosis. Jurnal of Clinical Psychlogy.

Debats, D.L., Van Der Lubbe, P.M., & Wezermen, F.R.A.(1993).On the Psychometric Properties of the Life Rigard Index (LRI): A Measure of Meaningful Life. Personality and Individual Differences. Retrieved Dec 2005.Vol.14,337-345.

Ivey,A.E.,Ivey,M.B.,&Simek-Morgan, L.(1997). Counselling and Psychotherapy: A Multicultural Perspective (Third Edition). Boston: Ally and Bacon.

Kelliger,F.N dan Lee,H.B. (2000).Foundation Of Behavioral Research.(Fourth Edition). USA: Holt, Reinnar & Winston, Inc.

Koeswara, E.(1992).Logotreapi,Psikoterapi Victor Frankl. Yogyakarta: Kanisius.

Machover & Karen, (1987). Proyeksi Kepribadian Suatu Metode Pemeriksaan Kepribadian.Alih bahasa oleh Hanna Wijaya.Bandung: Universitas Padjajaran Fakultas Psikologi.

Moeloeng,Lexy.J.(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robert, K.Yin.(2006).Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta.Raja Garafindo Persada.

Steawart, R.H. (2008). Introduction to Physical Oceanography.Departement of Oceanography. Texas A & M University.345 p.

Sunanto,J.et.al.(2016).Pengantar Peneitian Dengan Subyek Tunggal.Tsukuba: CRICED University of Tsukuba.

Sutejo. (2017). Pengaruh Logoterapi Kelompok Terhadap Kemampuan Memaknai Hidup Pada Residen NAPZA. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol 5 No 1.

Suyadi. (2012). Logoterapi, Sebuah Upaya Pengembangan Spiritual dan Makna Hidup dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. I, No. 2.

Zubaidi, A. (2015).Tes Inteligensi.Jakarta: Mitra Wahana Media

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v12i2.28913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.