Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Ishlah Kota Batam

Syafrinal Syafrinal, Alwizar Alwizar, Khairil Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa yakni di MI Daarul Ishlah di bawah naungan Yayasan Daarul Ishlah Kota Batam begitu juga metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-qur’an, factor-faktor penunjang, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini ialah Kepala Madrasah, Dewan Guru, TU. sedangkan objek penelitian ini adalah bagaimana Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa di MI Daarul Ishlah kota Batam. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah  mengetahui Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa di MI Daarul Ishlah.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2019). Analisis Pengawasan Sistem Pengajaran di Edu Smart Learning Center Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 19-27.

Buchori, M. (1992). Posisi dan Fungsi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. (Malang: IKIP Malang.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11-23.

Juwariyah. (2010). Dasar-Dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras.

Lickona, T. (2012). Pendidikan Karakter. Bantul: Kreasi Wacana.

M. Yusuf, K. (2013). Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munawar, S. A. H. A. N. (2005). Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Cet. 2. Jakarta: PT. Ciputat Press.

Muslich, A. (2018). Nilai-nilai filosofis masyarakat jawa dalam konteks pendidikan karakter di era milenial. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2).

Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71-92.

Qodir, A. (2011). Pendidikan Islam: Integratif-Monokotomik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Retnanto, A. (2014). Sistem Pendidikan Islam Terpadu; Model Pendidikan Berbasis Pengembangan Karakter dan Kepribadian Islam. Yogyakarta: Idea Press.

Ummah, S. S., & Wafi, A. (2017). Metode-Metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Quran bagi Anak Usia Dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 2, pp. 121-134).

Utami, D. C., Sunardin, S., & Sunaryo, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKN Siswa Kelas IV SDN Kampung Besar II Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6559-6565.

Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216-228.

Zuhdi, D. (2009). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.