Pengembangan Modul Pembelajaran PPkN Terintegrasi Islam pada MA di Kota Batam

Muh Tahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul PPKn terintegrasi Islam yang berkualitas serta layak digunakan di Kelas XI MA. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahap yakni 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi. 2) Membuat Perencanaan (desain) Produk; 3) Mengembangkan Produk 4) Melakukan Uji Coba Awal,  Revisi Produk dari Hasil Uji Coba Awal, Uji Coba Lapangan Utama 5) Melakukan Evaluasi dan Revisi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purvosive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, validasi, angket, dokumentasi, tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan telah melewati beberapa kali uji coba di Madrasah yang berbeda. Pada uji coba terbatas dilakukan pada Madrasah Aliyah Industri Aljabar Batam Kelas XI TP.2021/2022 dengan jumlah subjek 20 orang. Uji coba lapangan utama dilakukan di tiga Madrasah yakni MAI Aljabar Batam, MAS Qur’an Center Batam, MAS Darul Falah Batam kelas XI Tp 2021/2022 dengan jumlah subjek 72 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid berdasarkan kriteria kevalidan menurut penilaian validator Ahli Materi, Ahli Pendidikan Agama Islam, Ahli Bahasa, Ahli Media dan Guru. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat baik. Modul yang telah dihasilkan memenuhi kategori sangat efektif baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotorik maupun dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam siswa dan sangat praktis dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, sangat praktis dari penilaian guru dan praktis dari penilaian siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk Modul PPKn Terintegrasi Islam Untuk Kelas XI MA memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas sehingga sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Amril, M. (2016). Epistemologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktorai UPI. Bandung.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2008). Pengembangan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto & Rahardjo, M. (2013). Model Pembelajaran Inovatif.Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdan, P., Syafri, U. A., & Indra, H. (2020). Islamisasi Buku Ajar PPKn Untuk Lembaga Pendidikan Islam Tingkat SMA/MA. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 113-123.

Kesuma, T. A. R. P., Handayana, S., & Cicira, D. (2020). Pengembangan bahan ajar kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 104-116.

Mahfud, M. (2018). Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4(1).

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M & Hanafi, I. (2017). The Spiral Andromedia Interpretation: A Research Paradigm-Based Integration. Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Sayektiningsih, S., Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Manajemen Pendidikan, 12(3), 228-238.

Wulandari, A. P., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 59-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.