Keragaman Makna Kata Al-Mayt dalam Al-Qur’ân (Kajian Aplikatif al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir)

Agustiar Agustiar

Abstract


Tulisan ini berjudul “Keragaman Makna Kata al-Mayt dalam Al-Qur’ân  (Kajian Aplikatif al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir)”. Al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir merupakan cabang Ulumul Qur’ân yang membahas tentang pemaknaan kata. Makna yang beragam untuk satu kata disebut dengan istilah al-wujûh sedangkan pemakaian kata yang berbeda untuk satu makna disebut al-nazhâ’ir. Istilah al-mayt memiliki banyak makna dengan shighah (bentuk) dan redaksi ayat yang berbeda serta memiliki beberapa sinonimnya. Persoalan yang dikemukakan dalam tulisan ini dirumuskan pada dua hal yaitu apa saja makna istilah al-mayt dan bentuk-bentuk padanan katanya dalam al-Qur’ân. Tulisan ini merupakan bentuk penerapan kaidah al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir dalam penafsiran ayat al-Qur’ân, khususnya dalam pemaknaan istilah al-mayt dan sinonimnya dalam al-Qur’ân dengan menggunakan pendekatan semantik. Hasil dari bahasan ini menunjukkan bahwa istilah al-mayt dalam al-Qur’ân memiliki beberapa makna, yakni nuthfah, sesat dari ketauhidan, tanah gersang, hilangnya ruh karena hukuman dan karena ajal. Sementara kata al-mayt (mayat) memiliki dua bentuk  sinonim yakni kata  jâtsimîn, dan saw’ah. Meskipun dua kata ini bersinonim dengan kata al-mayt, namun keduanya masing-masing memiliki kekhususan-kehususan tertentu.  Kata jâtsimîn yang juga bermakna mayat menekankan pada makna tentang kondisi mayat yang tak bergerak dengan keadaan wajah dan lutut di tanah seperti burung yang mati bergelimpangan. Sementara kata saw’ah menunjukkan kondisi mayat korban pembunuhan yang sudah didiamkan beberapa waktu yang hampir membusuk.

Full Text:

PDF

References


Abud, J.M.A. (2007). Musthalahaat Al-Dalalah Al-Arabiyah. Bairut: Darul Kutub Al-Ilmiyah.

Ahmad, A. (1431). Al-‘Ain, juz 2. Libanon: Dar wa Maktabah al-Hilal.

Ahmad, S. (2014). Urgensi al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir dalam Alquran. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 18(1), 109-118..

Ahmad, S. (2014). Urgensi al-Wujûh wa al-Nazhâ’ir dalam Alquran. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 18(1), 109-118.

Akbar, A. (2013). Kajian Terhadap Tafsir Ruh Al-Ma'ani Karya Al-Alusi. Jurnal Ushuluddin, 19(1), 52-70.

Al-Ashfahani, A. (2017). Al-Mufradat fi Gharibil Qur’an, Terjemahan

Ahmad Zaini Dahlan, cet.1. Jawa Barat: Pustaka Khazanah Fawa’id.

Al-Fairuz, A. (2005). Al-Qamus Al-Muhith, cet. 8. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Al-Fairuzabadi, M. B. Y. K. (2005). al-Qamus al-Muhith. Cet. VIII. Beirut: Muassasah al Risalah.

Ali, A & Muhdhar, A.Z. (t.th). Qamus Krapyak Al-‘Ashry ‘Araby Indunisy. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

al-Suyuthi, J. (2008). Al-Itqan Fi ’Ulum Al-Qur’an. Bairut: Muasasah al-Risalah al-Nashirun.

Al-Suyuti. (2004). Asbabun Nuzul, alih bahasa Andi Muhammad Syahril danYasir Maqasid, cet. 1, Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Al-Zabidi. (1965). Tajul ‘Urus min Jawahiril Qamus, juz 31. Kuwait: Darul Hidayah.

Ameer, A. M. A. A., & Altaie, A. A. A. J. F. (2010). Homonymy in English and Arabic: A contrastive study. Journal of University of Babylon, 18(4).

Badruddin Muhammad bin Abdullah al-Zarkasyi, Burhan fi Ulum alQuran. Beirut: Darul Kitab al-Ilmiyyah, Juz 1.

Baqi, F.A. (1945). Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazhil Qur’ân,Kairo: Darul Kutub al Mishriyyah.

bin Zakariya, I. F. A. (1979). Mu'jam Maqâyis al-Lughah, jilid V. Beirut: Dâr al-Fikr.

Harun bin Musa. (1988). Al-Wujuh Wa Nazhair Fi Al-Qur’an Al-Karim, t.tp: Wijarah alThaqafah wa al-A‘lam Dairah al-athar wa al-Turath.

Husayan bin Muhammad al-Damaghani. (1983). Qamus Al-Qur’an Aw Ishlah: Al-Wujuh Wa Al-Nazhair Fi Al-Qur’an Al-Karim. Bairut: Dar al-‘Ilmi li al-Malayin.

Jabal, M.H.H. (2010). Al-Mu’jamul Isytiqaqil Mu’asshal li Alfazhil Qur’anil Karim, juz 2, cet. 1. Kairo: Maktabah al Adab.

Muhammad, S. (1998). Al-Wujuh Wa Nazhair Fi Al-Qur’an Al-Karim. Kairo: Dar al-Shuruq.

Muqatil bin Sulaiman. (2011). Al-Wujuh wa al-Nazha’ir fil Qur’ânil Azhim, cet. 2. Riyadh: Maktabah al-Rusyd Nasyirun.

Muqatil bin Sulayman al-Balkhy. (2005). Al-Wujuh Wa Al-Nazhair Fi Al-Qur’an Al-‘Azim. Baghdad: Markaz Jum‘ah al-Majid li al-Thaqafah wa al-Turath.

Ridha, M.S. (1391). Dirasah Naqdiyah Fi Kutub Al-Wujuh Wa Nazahir, AlAfaq Al-Hadharah Al-Islamiyah 15, no. 1.

Sahil, A. (1994). Indeks al-Qur’ân: Panduan Mencari Ayat al-Qur’an Berdasarkan Kata Dasarnya, cet. 1. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Q. (2015). Kaidah Tafsir, Tangerang: Lentara Hati.

Shihab, M.Q. (2005). Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’ân, jilid 1, cet. 5. Jakarta: Lentera Hati.

Umar, A.M.A.H. (2008). Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah, juz 2. Kairo: Alimul Kutub.

Wahyudi, W. (2019). Al-Wujuh Wa Al-Nazhair Dalam Alquran Perspektif Historis. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 3(1), 21-36.

Yusuf, M. (2003). Ilmu Wujuh Wa Nazhair Fi Al-Qur‘an Al-Karim Wa Atharuh Fi Tafsir Wa Kashaf ‘an I‘jaz Al-Qur‘an. Majalah Jami’ah Dimasqi 19, no. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nur.v10i2.15456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.