Membela Sistem Nasional; Analisis Wacana Moderasi Islam (Tafsir Al-Qur'an Tematik) Kementerian Agama Republik Indonesia

Muhammad Izzul Haq Zain, Muhamad Imam Mutaqin

Abstract


Tulisan ini membahas tentang pengaruh ruang sosial terhadap produksi tafsir “Moderasi Islam (Tafsir Al-Qur’an Tematik)” terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada pendapat Islah Gusmian yang menyatakan bahwa tafsir tanpa disadari akan merepresentasikan idelogi dan kepentingan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan teori analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa tafsir moderasi Islam lahir dalam konteks kebangkitan kelompok-kelompok radikal yang berupaya melakukan formalisasi Islam dengan cara yang ekstrim. Pemerintah yang terganggu dengan kondisi tersebut berusaha untuk melawan gerakan tersebut melalui berbagai kebijakan termasuk penerbitan tafsir. Melalui tafsir Moderasi Islam ini, selain ditujukan untuk memberikan rujukan yang ‘benar’ untuk umat Islam, terdapat pula sisi-sisi pembelaan terhadap pemerintah, khususnya pada aspek yang sering dipermasalahkan oleh kelompok-kelompok radikal, diantaranya adalah sistem demokrasi, dasar hukum dan ideologi negara, dan juga bentuk negara. Tersisipnya aspek pembelaan tersebut menunjukkan  produksi tafsir tidak dapat dilepaskan bias penulis dan dari konteks yang mengitarinya. Dalam hal ini, tafsir moderasi Islam yang diterbitkan pemerintah tak hanya merespon konteks yang ada, tetapi juga menyisipkan hal-hal yang sejalan dengan kepentingan mereka.


Keywords


Analisis Wacana, Moderasi Islam , Tafsir Kemenag

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS, 2006.

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Jakarta: TERAJU, 2003.

Hartono, Heki. “Relasi Kuasa Dalam Penafsiran Jihad Tafsir Al-Qur’an Tematik Kementrian Agama RI.” Tesis, UIN Sunan Kalijaga, 2019.

Haryono, Endi. “Kebijakan Anti-Terorisme Indonesia: Dilema Demokrasi Dan Represi.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 14, no. 2 (November 1, 2010)

Hiariej, Eric. “Aksi Dan Identitas Kolektif Gerakan Islam Radikal Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 14, no. 2 (November 1, 2010)

Ichwan, Moch. Nur. “Negara, Kitab Suci Dan Politik.” In Sadur: Sejarah Terjemahan Di Indonesia Dan Malaysia. Jakarta: KPG & Ecole francaise d’Extreme-Orient, 2009.

Ilmi, Nurul. “Relasi Islam Dan Politik Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (Studi Terhadap Produk Perundang-Undangan Bernuansa Syariah Periode 2004-2014.” Disertasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020.

Iqbal, Muhammad, and Syauqi Aulade Ghifari. “Analisis Kontekstual Atas Tafsir Departemen Agama Republik Indonesia.” Jurnal Iman dan Spiritualitas 2, no. 1 (February 4, 2022)

Jihani, Nurfadila. “Peran perempuan di ruang publik dan domestik dalam tafsir tematik Kementerian Agama Republik Indonesia.” Tesis, UIN Sunan Gunung Djati, 2021. Accessed June 18, 2022. http://digilib.uinsgd.ac.id/46391/.

Karim, Bustanul, and Muhammmad Maimun. “Prinsip Dasar Ekonomi Islam dalam al-Qur’an: Kajian Tematik dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya Kementerian Agama RI.” JIQTAF 1, no. 1 (April 1, 2021)

Kurniawan, Arif. “Tinjauan Strategi Wacana Kuasa Pemerintah Dalam Tafsir Al-Qur’an Tematik Kementrian Agama RI.” Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al Qur’an dan Tafsir 13, no. 2 (2019).

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Etika Berkeluarga, Bermasyarakat, Dan Berpolitik (Tafsir Al-Qur’an Tematik). Cet. 1. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2009.

———. Hukum, Keadilan Dan Hak Asasi Manusia (Tafsir Al-Qur’an Tematik). 1st ed. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2010.

———. Komunikasi Dan Informasi (Tafsir Al-Qur’an Tematik). Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2011.

———. Moderasi Islam (Tafsir Al-Qur’an Tematik). 1st ed. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2012.

Maulida, Fahma. “Epistemologi Tafsir Kontemporer Tentang Ayat-Ayat Pernikahan Beda Agama (Studi Komparatif Atas Tafsir Tematik Muhammadiyah Dan Kementerian Agama).” Thesis, IAIN Tulungagung, 2021. Accessed June 18, 2022. http://repo.uinsatu.ac.id/21506/.

Nur’aeni, Ulvah. “Kontekstualisasi Miskomunikasi Dalam Al-Qur’an (Studi Atas Tafsir Al-Qur’an Tematik Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama RI).” Nun : Jurnal Studi Alquran dan Tafsir di Nusantara 7, no. 1 (August 8, 2021)

Purwanto, Tinggal. “Kesetaraan Gender Dan Relasi Kuasa Dalam Tafsir Al-Qur’an Tematik Kementrian Agama Republik Indonesia.” Palastren 12, no. 1 (2019).

Ro’uf, Abdul Mukti. “Mengurai Radikalisme Agama Di Indonesia Pasca Orde Baru.” Ulumuna XI, no. 1 (2007).

Subhan, Muhammad. “Pergeseran Orientasi Gerakan Terorisme Islam Di Indonesia (Studi Terorisme Tahun 2000-2015).” Diponegoro Journal of International Relations 2, no. 4 (2016)

Wahid, Abdurrahman, ed. Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional Di Indonesia. Cet. 1. Jakarta: Wahid Institute, 2009.

Zada, Khamami. Islam Radikal Pergulatan Ormas-Ormas Islam Garis Keras Di Indonesia. Jakarta: TERAJU, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v46i2.20862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats