Integrasi Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Islami terhadap Santri Pondok Pesantren

Zalisman Zalisman

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penggunaan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Nilai-Nilai Islam di Pondok Pesantren. Guru mengajarkan para santri dengan berintegrasi dengan ilmu keislaman yang terlibat dalam cara mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Yang meliputi santri di jurusan IPA, IPS dan Agama. Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif research dengan pendekatan deskriptif yang berdasarkan data dari analisa data yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara beserta skor santri dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Peneliti menganalisis bahwa penelitian ini mengambil banyak manfaat bagi santri dan guru. Mereka sangat tertarik dalam proses belajar bahasa Inggris tanpa mengabaikan budaya Islam. Dan mereka juga menikmati kelas dengan menerapkan nilai-nilai budaya Islam dalam kehidupan sehari-hari. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah mengajar bahasa Inggris dalam konteks Islam. Pengajaran Bahasa inggris diberikan masih dalam ruang lingkup yang sederhana dan terbatas. Namun, santri sudah bisa menguasai bahasa inggris dengan baik dan lancar yang di intergrasikan dengan nilai-nilai keislaman.

Keywords


Pendidikan; bahasa inggris; pendekatan islami

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v44i2.12929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats