Penerapan Pembelajaran Terpadu Connected untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pelajaran Al-Qur’an Hadis

Nadya Rizki Amanda, Annisaul Khairat, Nur Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah dengan menggunakan Pembelajaran Terpadu Connected. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa MAN yang ada di lingkungan sekitar, populasi tersebut berjumlah 36 orang yang diantaranya terdiri dari 11 orang siswa kelas X, 17 orang siswa kelas XI dan 8 orang siswa kelas XII. Dalam penelitian ini sampelnya adalah siswa MAN di lingkungan sekitar kelas XI berjumlah 17 orang. Perlakuan yang diberikan adalah dengan menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected dalam meningkatkan kemampuan kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif siswa sebelum perlakukan (pretest) rata-rata adalah 32,17. Setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa pembelajaran terpadu tipe connected, selama melaksanakan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 48,47.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan tentang kemampuan kognitif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist melalui pembelajaran terpadu tipe Connected siswa MAN di lingkungan sekitar, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu tipe connected dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa, karena sudah terlihat bahwa hasil test kemampuan kognitif siswa setiap diadakannya treatment antara pretest dan posttest selalu mengalami peningkatan.


Keywords


Pembelajaran terpadu tipe connected, kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Ardiny, Naila Putri, Endang M Kurnianti, Uswatun Hasanah, Universitas Neger Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, and Tipe Connected. “Analisis Pembelajaran Terpadu Tipe Connected,” n.d., 251–59.

Basri, Hasan. “Cognitive Ability In Improving The Effectiveness Of Social Learning For Elementary School Students.” Jurnal Penelitian Pendidikan 18, no. 1 (2018): 1–9. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/11054.

Fitriani, Yulia, Endang M. Kurnianti, and Uswatun Hasanah. “Analisis Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Literasi Lingkungan Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Genta Mulia 14, no. 2 (2023). https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.427.

Haidir, Irwan, Aisyah Azis, and Abdul Samad. “Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Smp Negeri 29 Satap Malaka Kab. Maros.” Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika 8, no. 3 (2012): 237–42.

Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4, no. 1 (2020): 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.

Oktaviani, Rizka Nur, Wulan Trisnawaty, and Indaria Tri Hariyani. “Pemberdayaan Griyo Maos Banyu Ilmu Untuk Meningkatkan Softskill Dan Hardskill Anak Dusun Rembukidul, Mojokerto.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5, no. 3 (2020): 815–22.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 2 (2017): 333–52. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Prajitno, Subagio Budi. “Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(Tersedia Di Http://Komunikasi. Uinsgd. Ac. Id), 2013, 1–29.

Prihantoro, Agung, and Fattah Hidayat. “Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9, no. 1 (2019): 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index.

Shafa, Shafa. “Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013.” Dinamika Ilmu 14, no. 32 (2014): 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9.

Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar farizqi, and Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2020): 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249.

Siregar, Ruslan. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkakan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora 3, no. 4 (2017): 715–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v7i2.33912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadya Rizki Amanda, Annisaul Khairat, Nur Azizah



AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id

 

Creative Commons License

AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.