Pengaruh Mind Mapping Dan Motivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari penggunaan mind mapping dan motivasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran PAI di SMAN 4 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design. Strategi pengumpulan data melalui tes yaitu pretest-posttest untuk kelas X.3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa, kelas X.7 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan mind mapping), dan lembar angket motivasi dan angket mind mapping. Data dianalisis dengan menggunakan rumus sesuai dengan jenis penelitian yaitu kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa output hasil uji F (ANOVA) diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai F hitung 22.672 > F tabel 3.28 , Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Terdapat pengaruh mind mapping dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi meneladani peran ulama dalam menyebarkan Islam di Indonesia.
Kata Kunci: Mind Mapping, Motivasi, Peserta Didik
This study was conducted to determine and analyse the effect of the use of mind mapping and motivation in order to improve the learning outcomes of class X students of PAI subjects at SMAN 4 Payakumbuh City. The type of research used is quantitative in the form of True Experimental Design. Data collection strategy through tests, namely pretest-posttest for class X.3 as a control class (ordinary learning, class X.7 as an experimental class (learning with mind mapping), and motivation questionnaire sheet and mind mapping questionnaire. The data were analysed using formulas in accordance with the type of research, namely quantitative experiments. The results showed that the output of the F test results (ANOVA) showed that the significance value for the simultaneous influence of X1 and X2 on Y was 0.000 <0.05 and the value of F count 22.672> F table 3.28, so it can be concluded that there is an influence of X1 and X2 simultaneously on Y. There is an influence of mind mapping and motivation on the learning outcomes of students on the material of emulating the role of scholars in spreading Islam in Indonesia..
Keywords: Mind Mapping, Motivation, Learners
Full Text:
PDF (52-64)DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v8i1.33234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Hafizh

Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id
AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.