Kreativitas Minat, Keberbakatan Serta Kreativitas Dan Kaitannya Dengan Proses Belajar PAI

Jamalludin Mak'ruf, Nur Azizah, Yusmaneli Yusmaneli, Husnel Nofrita

Abstract


Proses pembelajaran adalah suatu hal yang penting dalam sebuah pedidikan karena interaksi pembelajaran adalah kegiatan inti pembelajaran yang dapat menjadi sarana transfer keilmuan dari pendidik dengan peserta didik yang terstruktur dan terencana sehingga akan menjadikan peserta didik paham akan materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Keberhasilan pendidikan akan dilihat dari hasil belajar atau prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik yang merupakan bagian dari usaha dan suatu kegiatan belajar yang berupa perubahan tingkah laku yang dialami oleh subjek belajar dalam suatu interaksi dengan lingkungannya. Pembelajaran memerlukan kreativitas seorang guru untuk menunjang keberhasilan peserta didik melalui kreativitas minat, keberbakatan serta kreativitasnya khusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Apabila kreativitas seorang guru baik maka kreativitas peserta didik akan diperoleh melalui itu dan keberbakatan serta minat peserta didik dalam pembelajaran akan tersalurkan kreativitas dan minat serta keberbakatan merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang mana kemampuan tersebut harus disalurkan oleh guru dan dibor agar menjadi sebuah prestasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu penulis akan membahas mengenai minat kreativitas, keberbakatan serta kreativitas dan relevansi dengan proses belajar PAI.

Full Text:

PDF (33 - 43)


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v4i1.25936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jamaluddin Makruf, Jamaluddin Makruf



AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id

 

Creative Commons License

AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.