Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Fiqih Pada Siswa Melalui Pelaksanaan Metode Tanya Jawab
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti melaksanakan proses belajar mengajar, peneliti menemukan siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran. Dapat diidentifikasi masalah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih sebagai berikut:1) Siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, 2) Pembelajaran hanya berlangsung satu arah, 3) Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa., 4) Pembelajaran hanya berlangsung satu arah, dan 5) Kurangnya interaksi antara guru dengan siswa selama pelaksanaan pembelajaran.
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Untuk melihat apakah pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode tanya jawab dapat memberikan pengalaman belajar aktif dan menyenangkan bagi siswa, 2) Untuk melihat apakah pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui empat langkah dalam setiap siklus penelitian, yaitu rencana (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengisi lembaran observasi dan tes. Lembar observasi berisi indikator aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar fiqih di kelas. Lembar observasi ini diisi oleh teman sejawat yang bertindak sebagai observer atau pengamat.
Berdasarkan hasil analisis data pada pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II di kelas XI IS 2 MAN Salido tahun pelajaran 2020/2021 dalam materi Pernikahan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1)Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswselama pelaksanaan proses belajar mengajar fiqih dengan penerapan metode pembelajaran tanya jawab. 2)Adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pelaksanaan poses belajar mengajar fiqih dengan penerapan metode pembelajaran tanya jawab.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack This page is in Indonesian Translate to English- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id
Full Text:
PDF (97 -108)DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v5i2.25074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Weni Fitria
AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id
AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.