Impelementasi Metode Tikrar Dan Sambung Ayat Dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran Hadits pada Siswa Kelas XII MAN 2 Pesisir Selatan

Suhardi Suhardi, Lermian Harahap, Hakmi Wahyudi, Hakmi Hidayat

Abstract


Kegiatan menghafal satu atau beberapa kata merupakan pekerjaan yang cenderung sulit dari pada membaca, karena kegiatan tersebut berkaitan dengan ingatan (memory) bagaimana informasi disimpan dalam ingatan, dipertahankan setelah disajikan dan diungkap dikemudian hari, untuk mencapai tujuan menghafal yang baik dan melekat pada ingatan dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Begitu pula dengan menghafal Al Quran membutuhkan metode yang tepat sehingga siswa lebih mudah menghafal ayat dan hadits pada bidang studi Al Quran hadits.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis impelementasi metode tikrar  dan sambung ayat dalam menghafal ayat Al-Qur’an dan hadits pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MAN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding namun sudah menggunakan tes awal sehingga pengaruh pengimplemetasian metode tikrar dan sambung ayat dapat diketahui secara pasti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Verifikasi data dilakukan dengan teknik triangulasi yang membandingkan data dari tiga instrumen dan tiga sumber data yang berbeda.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tikrar dan sambung ayat mampu meningkatkan hafalan siswa dalam pembelajaran Al Quran hadits. Tahapan yang dilakukan adalah proses menghafal secara berulang-ulang (tikrar) kemudian dilakukan setoran ayat secara bersama-sama dengan menggunakan metode sambung ayat, sehingga membantu konsentrasi dan daya ingat siswa   TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to EnglishPRO
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Tikrar Sambung ayat Menghafal Quran

Full Text:

PDF (68 - 78)

References


Abdurrazaq, Yahya bin. Metode Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Azam, 2004.

Abidin, Ahmad Zainal. Metode Cepat Menghafal Juz Amma. Bangun Tapan Yokyakarta: Mahabbah, 2016.

Amin, Kamaruddin. “Keputusan Menteri Agama Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.” Keputusan Menteri Agama Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah (2019): 9.

Bahasa, Tim Penyusun Kamus Pusat. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta, 2008.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Gade, Fithriani. “Implementasi Metode Takrar Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah Didaktika 14, no. 2 (2014): 413–425.

Hartanti, Anindya Diah, Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah, and Muhammad Adil. “Tahfiz Qur’an Dengan Metode Tasmi’ Dan Sambung Ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, Dan Pengelolaanya Di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang).” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15, no. 2 (2021)

Hastjarjo, T Dicky. “Rancangan Eksperimen-Kuasi.” Buletin Psikologi 27, no. 2 (2019): 187.

Husaini, Abu Al. Maqayis AlLughah, Juz V. Beirut: Ittihad al Kitab al ’Arabi, 2002.

Sabt, Khalid ibn Usman as. Qawa’id at Tafsir, Jam’an Wa Dirasah, Juz II,. Dar ibn ’Affan, 1997.

Tebuireng, Madrosatul Qur’an. Panduan Ilmu Tajwid. Jombang: Unit Tahfiz Madrosul Quran Tebu Ireng, 2009.

Tohari, Hamim, and Yahya Abdul Fattah Az-zawawi. “Metode Tikrar Untuk Meningkatkan Penguatan Hafalan IAl-Qur’an” (2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v6i1.20172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suhardi Suhardi



AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id

 

Creative Commons License

AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.