Implementasi Kebijakan Kurikulum Kondisi Khusus Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota

Imam Farih, Ramli Ramli

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi kurikulum kondisi khusus pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Faktor pendukung dan penghambat, dan solusi yang diambil apabila didapati faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang menggunakan metode mereduksi data, menganalisa data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum yang digunakan di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota adalah kurikulum darurat dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disederhanakan untuk Kondisi Khusus. Guru membuat perencanaan pembelajaran dengan mengacu kepada kurikulum darurat, pembelajaran dilaksanakan dengan cara pembelajaran jarak jauh (daring), terdapat faktor pendukung yakni sarana dan prasarana yang memadai, dan faktor penghambat adalah kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis didgital, solusi yang diambil adalah melakukan pelatihan guru dalam hal pembelajaran berbasis digital.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


kurikulum, Covid-19, PAI

Full Text:

PDF (21 - 37)

References


Aji, Syah, Halal, Rizkon. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Kemduain Jurnal sosial dan budaya Syar”i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/ sjsbs.v7i5.15314.

Hamalik, Oemar, H., Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009 (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor)

Hidayati, Wiji., Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Pedagogia 2012 (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor)

Majid, Abdul,. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012, Cet.ke IX (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor)

Mastur. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di SMP.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 4, No 1, April 2017 (50-64), p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177

Moleong. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Thoha, 2011. (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor).

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008, Cet.ke 4 (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor).

Mulyasa. “Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.” Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009 (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Peraturan Perundang-undangan)

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (Pdpi), Pneumonia Covid-19 Diagnosis & Penatalaksanaan Di Indonesia . Jakarta: Jakarta, Percetakan Buku Dikelola Oleh: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Jl. Cipinang Bunder No. 19 Cipinang Pulogadung , 2020 (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor).

Putria, Hilna,. Maula, Hamdani, Luthfi., Uswatun, Azwar, Din., “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education, Universitas Pahlawan Vol 4 No 4 Tahun 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

Ramayulis. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia, 2013, Cet.keVII (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor)

Rohmat. Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara, 2013 (Buku Teks yang Dirangkum oleh Editor)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/au.v6i1.12304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 imam - farih



AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Education Program of Education and Teacher Training Faculty of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004, Email: aluswah.pai@uin-suska.ac.id

 

Creative Commons License

AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.