ANALISIS PEMIKIRAN SASTRA NAJM AL-DÎN AL-THÛFÎ DALAM AL-IKSÎR FÎ `ILMI AL-TAFSÎR

Lalu Supriadi Bin Mujib

Abstract


Ilmu tafsir sebagai disiplin keilmuan Islam semakin berkembang dan menarik untuk dikaji karena karakter isi dan kandungan al-Qur’an bagaikan lautan yang tak pernih kering airnya dan tak akan habis keajaibannya. Juga didukung oleh eksistensinya sebagai kitab suci umat Islam dan kedudukannya yang menempati urutan pertama dalam memahami ajaran Islam. Kemajuan ilmu agama dan sains dengan berbagai corak dan ragamnya memberi ruang munculnya berbagai model pendekatan dalam menafsirkan al-Qur’an. Model pendekatan sastra adalah salah satu tawaran penting bagi para pengkaji al-Qur’an untuk menyelami keindahan bahasa dan menemukan aspek i`jâz (ke-mu’jizatan) al-Qur’an. I'jâz berfungsi menjadi bukti yang mempertegas posisi al-Qur’an sebagai firman Allah (Kalam allah) untuk membedakannya dengan perkataan manusia. Beragam varian uslûb (gaya bahasa) bisa ditemukan dalam al-Qur’an dan itu dipergunakan sesuai dengan kondisi dan konteks realita sosial budaya yang berkembang saat turunnya al-Qur’an. Hal tersebut tidak muncul begitu saja namun dipastikan mengandung nilai dan muatan sastra untuk mendukung ke-mu’jizat-annya


Keywords


Tafsir; sastra; Mu'jizat; al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Akhmad Muzakki. Kesusastraan Arab; Pengantar Teori dan Terapan. Cet.1. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2006.

Ali, Muhammad Kurdi. al-Islâm Wa al-Hadhârah al-Arabiyah. Jilid 1. Cet. I. 1355.

al-Atsîr, Muhammad bin. al-Kâmil Fî al-Târîkh. Jilid 12. Beirut: Dâr Shadir, 1402.

al-Farmawi, Abd al-Hayyi. al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudlu’i: Dirasah Manhajiyah Maudlu’iyah. Kairo: al-Thiba’ah al-Hadlarah al-Arabiyah, 1970.

al-Ghazali, Imam. al-Musthasyfa Min ‘Ilmi al-Ushul. Cet. 1. Kairo: Mathba’ah Amiriyah, 1322.

Husein Aziz. "Kontekstualisasi Kemukjizatan Sastrawi Al-Qur’an." Islamica: Jurnal Studi Keislaman 11, no. 2 (2017).

Husein, Thaha. al-Taujih al-Adabi. Kairo: Dar al-Kitab al-Arabi, 1952.

Ibnu Katsîr. al-Bidâyah wa al-Nihâyah. Jilid 13. Beirut: Maktabah al-Ma`ârif, 1409.

Ibnu Rajab, Abd al-Rahmân. Dzail Thabaqah al-Hanâbilah. Jilid 2. Beirut: Dâr al-Ma’rifah, t.th.

Imam Suprayogo dan Tobroni. Metodologi Penelitian Sosial-Keagamaan. Bandung: Rosda Karya, 2003.

Lalu Supriadi. Pengantar Ilmu Balagah. Jakarta: Tunas Ilmu, 2012.

-------. Studi Biografi dan Pemikiran Ushul Fikih Najm al-Dîn al-Thûfî. Cet. 1. Yogyakarta: SUKA Press, 2013.

M. Hasbi as-Shiddiqie. Pengantar Ilmu al- Qur’an dan Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang, 1989.

M. Quraish Shihab. Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jilid 1. Jakarta: Lentera Hati, 2000.

M. Nur Kholis Setiawan. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Cet. 1. Yogyakarta: elSAQ Press, 2005.

Moh. Nazir. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Noeng Muhajir. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.

al-Râzi, Fakhr al-Dîn. Mafâtîh al-Ghaib. Cet. 1. Beirut: Darul Fikr, 1981.

al-Shabuni, M. Ali. al-Tibyan Fi ‘Ulum al-Qur’an. Beirut: Alam al-Kutub, 1405.

al-Thûfî, Najm al-Dîn. al-Iksîr Fî `Ilmi al-Tafsîr. Ed: Dr. Abdul Kadir Husain. Beirut: Dar al-Auza’i, 1409.

al-`Ulaimi, Abd al-Rahmân Bin Muhammad. al-Manhaj al-Ahmadî Fî Tarâjum Ashâb al-Imâm al-Ahmad. Jilid 5. Cet. 1. Beirut: Dâr Shâdir, 1997.

Zaid, Musthafa. al-Mashlahah Fi at-Tasyri’ al-Islami Wa Najm al-Din al-Thûfî. Beirut: Darul Fikr Al Arabi, 1384.

Zaid, Nashr Hamid Abu. Menalar Firman Tuhan; Wacana Majaz dalam al-Qur’an Menurut Mu’tazilah. ter. Abdurrahman Kasdi dan Hamka Hasan. Bandung: Mizan, 2003.

al-Zamakhsyari. al-Kasyâf. Cet. 3. Beirut: Darul Ma’rifah. 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v26i1.4070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Jurnal Ushuluddin Indexed By:

     

Alamat Redaksi:

 Whatsapp (Direct Chat)

Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id

ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin



Lisensi Creative Commons
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats