EKSISTENSI KAUM DIFABEL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Khairunnas Jamal, Nasrul Fatah, Wilaela Wilaela

Abstract


Keberadaan kaum penyandang cacat tidak dapat dinafikan dan merupakan bagian dari kehidupan
menusia. Berdasarkan teori ilmu sosial secara umum penyandang cacat dapat dikelompokkan menjadi
tiga, yaitu fisik, non fisik, dan ganda. Semua kelompok penyandang cacat ini bermuara kepada
ketidakmampuan dan tidak berfungsinya organ-organ fisik (panca indra) maupun non fisik. Pada
tataran realita para penyandang cacat masih sering mendapatkan perlakuan diskriminasi dan stigma
negatif dari beberapa pihak. Tulisan ini berusaha untuk melihat bagaimana al-Qur’an berbicara
mengenai penyandang cacat serta eksistensinya dalam tatanan hukum dan sosial. Terminologi yang
digunakan al-Qur’an untuk menunjukkan keberadaan penyandang cacat adalah adalah a’ma, akmah,
bukm, dan shum. Terdapat 38 ayat yang tersebar dalam 26 surat dalam al Qur’an. Dari jumlah
yang cukup banyak tersebut hanya ada lima ayat yang berbicara mengenai cacat fisik dan selebihnya
berbicara mengetani cacat non fisik. Dari tulisan ini dapat diketahui bahwa penyandang cacat menurut
al-Qur’an orang yang memiliki kecacatan fisik dan teologis. Dari segi keberadaannya, mereka adalah
sama dengan individu normal lainnya, baik dalam aspek hukum maupun sosial. Meskipun dalam
beberapa hal dan kondisi memiliki kekhususan sebagai bentuk perlindungan.



Keywords


Kaum Difabel; Eksistensi; dan al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


‘Abd al Bâqi, Muhammad Fuad. al Mu’jam al Mufahras li Alfâzh al Qur’ân al Karîm. Kairo: Dâr al Hadîts. 1364 H.

al A’zhâmî, Muhammad Mushtafâ. The History of The Qur’anic Text-From Revelation to Compilation, terj, Sohirin Solihin dkk. Jakarta: Gema Insani. 2005.

Departemen Agama RI. al Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: PT. Toha Putra. 1999.

al Dimasqî, Abû al Fidâ’ Ismâîl bin ‘Amr bin Katsîr al Qurasyî. Tafsîr al Qur’ân al ‘Azhîm. Tt: Dar Thayibah li al Nasyr wa al Tauzi’: 1999.

Faizin, Nur. Sepuluh Tema Kontroversial ‘Ulum al Qur’an. Kediri: CV Azhar Risalah. 2011.

Fakih. Mansour. Kesetaraan Hak Penyandang Cacat. Yogyakarta: Kaukaba. 2004.

FKI Ahla Sufah. al Qur’an Kita: Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah. Lirboyo: Lirboyo Press. 2011.

Hafiddin, Hamim . Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah, Jurnal Tarbiya Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Husamah. A to Z Kamus Psikologi Super Lengkap. Yogyakarta: Andi Offset. 2015.

Ibnu Mazhûr. Lisân al ‘Arab. jilid 4,5. Beirut: Dâr Shâdir. 2010.

Jamin, Ahmad. Kondisi Masyarakat Arab Pra Islam, Jurnal at-Ta’lim, vol. 11, No. 2, Juli 2012, IAIN Bengkulu.

Mubarok, Ahmad Zaki. Studi Tentang Historitas al Qur’an: Telaah pemikiran M.M. Azami dalam The History of The Qur’anic Tekxt From Revelation to Compilation, Jurnal Hermeneutik, Vol. 9, No.1, Juni 2015, STAIN Kudus.

Mangunsong, Frieda. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, jilid 1dan II, .Depok: LPSP3 UI, 2011.

MPR RI. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Sekretariat Jendral Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), cet. XV.

Munawir, Ahmad Warson. Kamus al Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif. 2002.

Pandji, Dewi. Sudahkah Kita Ramah Pada Anak Special Needs?. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2013.

Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: DEPDIKNAS. 2008.

al Qurthubî, Muhammad bin Ahmad Abî Bakr. al Jâmi’ li Ahkâm al Qur’ân. Beirut: al Risâlah . 2006.

Setiawan, Nur Khalis. Pribumisasi al Qur’an. Yogyakarta: Kaukaba. 2012.

al Shâlih, Muslih. Qâmûs Musthalahât al ‘Ulum al Ijtimâ’iyah Injilizî wa al ‘Arabî. Riyâdh: Dâr al ‘Alam al Kutub. 1419 H.

Shalahuddin, Henri. al Qur’an Dihujat. Jakarta: al Qalam. 2007.

al Suyuthî, Jalâl al Dîn. al Itqân fî ‘Ulûm al Qur’ân, jilid I. Beirut: Dar al Fikr, T.t.

. al Durr al Mantsûr, jilid 5, 6, 8. Beirut: Dâr al Fikr. Tt.

Syalabi, Ahmad . Sejarah Kebudayaan Islam, jilid. I. Jakarta: al Husna Zikra. 197.

Syuhbah, Muhammad Abû. al Madkhal li Dirâsah al Qur’ân al Karîm. Riyâdh: Dâr al Liwa’. 1987.

Tim FKI RADEN. al Qur’an Kita; Studi Ilmu, Sejarah dan Tafsir Kalamullah. Lirboyo: Lirboyo Press. 2015.

al Thabarî, Ibnu Jarîr. Jâmi’ al Bayân ‘an Ta’wîl ay al Qur’ân, jilid, 11, 12, 15, 17, 19, 20. T.t: al Risâlah: 2000.

Yuliantri, Rhoma Dwi Aria. Historiografi Islam, dalam slide Historiografi Pendidikan Sejarah, sumber dari http://staff.uny.ac.id diunduh pada tanggal 8 April 2017.

Yusuf, Kadar M. Laporan Penelitian: Indera Manusia Menurut al Qur’an dan Psikologi; Suatu Kajian Perbandingan. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2003.

al Zuhaili, Wahbah. Tafsîr al Munîr.. Beirut: Dar al Fik. 2003.

al Zamakhsyarî, Abû al Qâsim Mahmûd. al Kasysyâf ‘an Haqâiq Ghawâmidh al Tanzîl wa ‘Uyûn al Aqâwîl fî Wujûh al Ta’wîl , jilid. 2, 4, 6. Riyadh: Maktabah al ‘Abîkân. 1998.

Sholeh Akhmad. Islam dan Penyandang Disabilitas: Telaah Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal PALASTREN, Vol. 8, No. 2, Desember 2015 .

Solehuddin, Ati. Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad SAW, Jurnal Islamica, vol. 2, No. 2 tahun 2015. Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Bandung, diakses melalui http://stai-siliwangi.ac.id pada tanggal 9 April 2017.

Ibn Mâjah, Abû Abdillâh bin Yazîd. Sunan Ibnu Mâjah. al Maktabah al Syâmilah.

al Naisaburî, Muslim bin al Hajjâj Shahîh Muslim. al Maktabah al Syâmilah.

al Nasâî, Ahmad bin Syu’aib bin ‘Alî bin Sinân. Sunân al Nasâî. al Maktabah al Syâmilah.

al Sijistanî, Abû Dâud Sulaiman bin al Asy’ats. Sunân Abû Dâud. al Maktabah al Syâmilah.

Aplikasi al Kitab terbitan Beblia diunduh para 9 April 2017.

Ayat Aplikasi al Qur’an Digital versi 1.3.4.

http://m.liputan6.com diakses pada 25 Juli 2016.

http://Poskota News.com diakses pada 25 Juli 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v25i2.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Jurnal Ushuluddin Indexed By:

     

Alamat Redaksi:

 Whatsapp (Direct Chat)

Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: jurnal.ushuluddin@uin-suska.ac.id

ejournal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin



Lisensi Creative Commons
Jurnal Ushuluddin is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats