PENERAPAN NILAI–NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QUR’AN DI KABUPATEN SIAK

Syukran Wahib

Abstract


Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan bahwa di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, pada dasarnya sudah mengembangkan nilai-nilai tasâmuh. Namun demikian, pada konteks materi pembelajaran, masih ada beberapa materi ajar yang bisa mengarah kepada prilaku tidak toleran. Terdapat beberapa poin penting terkait nilai-nilai toleransi ini,  Pertama, penerapan nilai-nilai Pendidikan Toleransi di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak adalah (1) dilakukan dalam kehidupan sehari-hari santri, (2) dilaksanakan melalui proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu pembelajaran aktif dan dialogis. (3) dilaksanakan melalui beberapa materi pendidikan Agama Islam yang diajarkan di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an tersebut. Kedua, Faktor Pendukung Penerapan Nilai-Nilai Toleransi di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an adalah (1) adanya kesadaran dari seluruh warga santri dan penduduk setempat. (2) proses interaksi yang dilakukan oleh masyarakat Seminai Kecamatan Keririnci Kanan Kabupten Siak dan juga komunikasi yang baik dalam pergaulan sehari-hari, dan (3) peran pemerintah yang sangat mendukung terjadinya kerukunan di Desa  Seminai Kecamatan Keririnci Kanan Kabupten Siak melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh  Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Kabupaten Siak. Ketiga, Faktor Penghambat Penerapan Nilai-Nilai Toleransi di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an adalah adanya perbedaan paham dan perbedaan agama di Di Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak.

Keywords


Toleransi, Pondok Pesantren

References


al Attas, Syed Muhammad al Naquid., 1990., Konsep Pendidikan Islam, Bandung : Mizan

Abdullah, Amin., 2005., Pendidikan Agama Era Multikultural Multi Religius Jakarta: PSAP

Ahmadi., Abu dan Uhbiyati, Nur., 1991., Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa., 1993., Tafsir Al-Maraghi terj. Bahrun Abubakar., Semarang: Thoha Putra

al Nahkawi, Abd Rohman., 1992., Ushul al tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha Damaskus: Dar al Fikr.

Arifin, Muzayyin., 2003., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

______________., 1999., Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta :

Azra, Azyumardi., 1999., Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Azra, Azyumardi., dkk, 1993., Ensiklopedi Islam, Jakarta : PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve.

Baidhawy, Zakiyuddin., 2002., Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Penerbit Erlangga

Bruinessen, Martin Van., 1995., Kitab Kuning; Pesantren Dan Tarekat, Bandung: Mizan.

Dhofier, Zamakhsyari., 1982., Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES

Faidhani, Achmad., 2006., Konsepsi Al-Qur'an Tentang Tasamuh (Toleransi) dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Islam, Semarang: Fak Tarbiyah IAIN Walisongo.

Fajar, Ahmad Malik., 1995, ”Pengembangan Pendidikan Islam”, dalam Nafis (Ed), Konstekstualisasi Ajaran Islam : 70 Tahun Prof Dr. Munawir Sjadzali, MA, Jakarta : IPHI dan Paramadina

Hasbullah, 1999., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Lembaga Studi Islam dan kemasyarakatan LKIS

Hanafi., Imam., 2011, ”Nilai-nilai Inklusif dan Humanis Pesantren” dalam Jurnal Al-Fikra, PPs. UIN Suska Riau, Vol. 10. Nomor 1, Januari-Juni 2011

Hanafi, Imam., 2019., Teologi Toleransi: Dari Toleransi Recognize Menuju Toleransi Nilai, dalam Jurnal Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam., Vol. 8 No. 2, 116-140

Ibrahim, Abdul ‘Aiim., 2018., Al-Mumakhat Al Lati Al Mudaris Al Lughor Al Arobiyah, Dahar: Ma’arif

Jalal, Abd al Fatah., 1997., Min al Ushul al tarbiyah fil al Islam, Mesir : Dar al Fikr.

Lutdjito, Ahmad., 1996., "Filsafat Nilai dalam Islam " dalam Chabib Thoha et.al, Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan FT. IAIN Walisongo Semarang.

L. Myyry & K. Helkama, 2002., “The Role of Value Priorities and Professional Ethics Training Moral Sensitivity”, dalam The Journal of Moral Education, Volume 31 Number 1 March, 2002.

Madjid, Nurcholish., 1997., Bilik‐bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina,

_______________., 1985, Merumuskan Kembali Tujuan Pendidikan Pesantren, dalam Pergumulan Dunia Pesantren, Jakarta: P3M

_______________., 1998. “Mencari Akar-akar Islam Bagi Pluralisme Modern: Pengalaman Indonesia”, dalam Jalan Baru Islam, Jakarta: Mizan

Ma’arif, Ahmad Syafi’i., 1999, “al-Qur’an dan Masalah pendidikan”, dalam Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an, Yogyakarta: LPPI.

Marimba, Ahmad D., 1989., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif

Mas’ud, Abdurrahman., 2002., “Sejarah dan Budaya Pesantren” dalam Ismail S.M. (Ed.), Dinamika Pesantren dan Madrasah Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukti, Abdul., 2000., "Masyarakat Egalitarian", dalam Thoha Hamim, at.all, Pendidikan Islam, Demokrasi dan Masyarakat Madani, Semarang: Fakultas Tarbiyah

Mustholih, Achmad., 2011., Konsep Pendidikan Pluralisme Menurut Abdurrahman Wahid dalam Perspektif Pendidikan Islam, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo

Novita, 2009, “Pendidikan Multikultural Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam”, Tesis, PPs. UIN Suska Riau

Shihab, Alwi., 2004., Membedah Islam di Barat; Menepis Tudingan Meluruskan Kesalahpahaman, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

___________., Islam Inklusif, (Bandung: Mizan, 1999)

Shihab, M. Quraish., 2005., Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati

Steenbrink, Karel A., 1982., Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES

Syarbini, Amirulloh., 2011., Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Bandung: Quanta

Tafsir, Ahmad., 1994, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Thoha, Anis Malik., 2005., Tren Pluralisme Agama: Tinjauan Kritis, Jakarta: Perspektif.

Wahid, Abdul., 2003., “Tendensi Antipluralisme dalam Pendidikan Islam ; Kritik Teks Buku Ajar PAI SMU/SMK”, dalam Jurnal Ulumuna, Vol. VII, Edisi 12, No. 2, Juli-Desember 2003.

Wahid, Abdurrahman., 2001., Menggerakkan Tradisi; Esai-esai Pesantren, Yogyakarta: LKIS

Wirosukarto, Amir Hamzah., et.al., 1996., KH. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern, Ponorogo: Gontor Press.

Yaqin, Ainul., 2005, Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media.

Yunus, Mahmud., 1990., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v11i2.10627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats