ANALISIS PENGARUH DISIPLIN, PELATIHAN DAN PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SDN GUGUS I KECAMATAN KUANTAN TENGAH

Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, 2) mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru, 3) mengetahui pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 4) mengetahui pengaruh disiplin kerja, pelatihan dan peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada responden sebanyak 110 guru. Anapun dalam menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel kemudian analisis korelasi dan regresi linier sederhana dan berganda yang digunakan untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh vaiabel (X) terhadap varibel (Y). Dari hasil uji regresi linier sederhana dan berganda didapat sebagai berikut: 1) didapat pengaruh disiplin terhadap kinerja guru sebesar 0,478 atau kontribusinya sebesar 47,8%. 2) didapat pengaruh pelatihan kinerja guru sebesar 0,321 atau kontribusinya sebesar 32,1%.3) didapat pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,141 atau kontribusinya sebesar 14,1%. 4) didapat pengaruh disiplin, pelatihan dan peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,488 atau kontribusinya sebesar 44,8%. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada pengaruh antara disiplin, pelatihan dan peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Variabel pelatihan adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter