PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI GAYA DALAM PEMBELAJARAN IPA DAN KEMAMPUAN ALAM DALAM PELAJARAN IPS MELALAUI METODE EKSPERIMEN

Ahriyulis Ahriyulis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran IPA dan IPS melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus II dan siklus III. Siklus I merupakan pembelajaran sebelum dilakukan perbaikan, siklus II merupakan perbaikan pembelajaran pertama dan siklus III merupakan perbeikan pembelajarn yang kedua. Penelitian di dilaksanakan di kelas V SDN 001 Teluk Beringin Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh pada pelajaran IPA, siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 41%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 68% sedangkan pada siklus III siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 87%. Pada pelajaran IPS, siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 31%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 62% sedangkan pada siklus III siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 97%. Artinya hasil belajar siswa pada kedua mata pelajaran tersebut mengalami peningkatan dari siklus 1, siklus II ke siklus III sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian teknik belajar dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan IPS.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter