UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMOSTRASI DAN LATIHAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN SAINS

Helfimastuti Helfimastuti

Abstract


Pada pelajaran Bahasa Indonesia penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan siswa dalam berbahasa lisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sedangkan pada mata pelajaran Sains penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas VI SD Negeri 013 Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada proses pembelajaran Sains Mempunyai dampak positif terhadap hasil belajar siswa dan pemberian teknik belajar dengan metode demonstrasi dan latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter