PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Justi Sitohang

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti pada siswa kelas II-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan diketahui bahwa sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat menyampaikan materi pembelajaran, dan siswa terlihat pasif di dalam pembelajaran juga hasil belajar siswa masih rendah yaitu hanya 55.9% yang mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dimulai dari bulan Agustus 2016 sampai dengan bulan September 2016. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas II-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan. Jumlah siswa 34 orang, terdiri dari 16 orang putra dan 18 orang putri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar IPA pada siswa kelas II-A di SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan dengan penerapan metode tanya jawab. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode tanya jawab  dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar siswa sebelum PTK adalah 70.9 dengan kategori kurang. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata kelasnya adalah 82.3 dengan kategori cukup. Pada siklus II rata-rata kelasnya adalah 85.0 dengan kategori baik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter