PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Erlinda Erlinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 022 Rantau Sialang  dengan menggunakan metode Demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 022 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah SD Negeri 022 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menggunakan metode demonstrasi dapat menghindari rasa bosan dan jenuh siswa pada waktu proses pembelajaran, dengan memberikan contoh-contoh soal yang kongkrit dan bervariasi dapat meningkatkan pemahaman siswa dan dengan menggunakan alat bantu yang sesuai dengan materi pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter