PERBEDAAN KONSEP DIRI SISWA BERPRESTASI TINGGI DENGAN BERPRESTASI RENDAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Windra Windra

Abstract


Perbedaan konsep diri siswa berprestasi tinggi dengan berprestasi rendah siswa kelas II SMP Negeri Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Pelajaran 2005 / 2006. Konsep diri penting sekali dipahami oleh setiap orang yang berperan dalam meningkatkan perkembangan diri siswa. Hal ini disebabkan konsep diri mempengaruhi kesehatan mental dan bahkan perkembangan kepribadian siswa. Untuk membina konsep diri yang positif siswa perlu memahami dan menilai diri sendiri secara positif. Penelitian membahas tentang konsep diri siswa berprestasi tinggi dengan berprestasi rendah siswa kelas II SMP Negeri Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Pelajaran 2005 / 2006 yang bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan konsep diri siswa yang berprestasi tinggi dengan siswa yang berprestasi rendah. Objek penelitian ini adalah siswa dan siswa SMP Negeri sebanyak 125 siswa yang terdiri dari 34 siswa yang berprestasi tinggi dan 91 siswa yang berprestasi rendah. Hasil analisa data menunjukkan terdapat perbedaan konsep diri siswa berprestasi tinggi dengan berprestasi rendah. Siswa yang mempunyai konsep diri positif prestasi belajarnya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang kurang memahami tentang konsep dirinya sendiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter