PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA TAMATAN TK DAN NON TK DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Supini Supini

Abstract


Penulis tertarik pada judul ini karena selama mengajar di sekolah dasar penulis selalu memegang antara kelas I, II, dan III. Dalam pengamatan penulis adanya perbedaan murid yang berasal dari TK dan non TK diantaranya cara bergaul mereka dengan temannya, cara belajar, membaca, menulis dan berhitung, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Populasi pada penelitian ini juga merupakan sampel sekaligus yaitu siswa kelas IV SDN 035 Sungai Sirih Tahun Pelajaran 2003-2004. Penelitian ini merupakan penelitian perbedaan dua variabel dengan metode deskriptif, pengolahan data menggunakan rumus uji t (Anas Sudijono), teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, sedangkan pengolahan data dengan cara manual dengan menggunakan scientific calculator ke. 108. Dari hasil perhitungan ketika di kelas I cawu satu thitung (8,56) > ttabel (2,11) dalam taraf signifikan 5% sedangkan dalam taraf 1% thitung (6,36) > ttabel (2,90) berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Cawu dua thitung (4,1073) > ttabel (2,11) dalam taraf signifikan 5% sedangkan dalam taraf 1% thitung (4,1073) > ttabel (2,90) berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Cawu tiga thitung (1,37) < ttabel (2,11) dalam taraf signifikan 5% sedangkan dalam taraf 1% thitung (1,37) < ttabel (2,90) berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Ketika kelas II cawu satu thitung (0) < ttabel (2,11) dalam taraf signifikan 5% sedangkan dalam taraf 1% thitung (0) < ttabel (2,90) berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Cawu dua thitung (0,267) < ttabel (2,11) dalam taraf signifikan 5% sedangkan dalam taraf 1% thitung (0,267) < ttabel (2,90) berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Cawu tiga thitung (0,684) < ttabel (2,11) dalam taraf signifikan 5% sedangkan dalam taraf 1% thitung (0,684) < ttabel (2,90) berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Ketika di kelas III semester satu dan semester dua tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK. Dari keseluruhan perhitungan bahwa adanya perbedaan yang signifikan ketika di kelas I cawu satu dan dua sedangkan selebihnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter