PELAKSANAAN ADMINISTRASI SEKOLAH UNGGUL DI SMP NEGERI 7 KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Sri Setyawati Sri Setyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan administrasi sekolah unggul yang meliputi bagian administrasi dan organisasi kurikulum dan pengajaran, personalia sekolah, kesiswaan, sarana dan prasarana pendidikan, pembiayaan pendidikan, layanan khusus pendidikan, kesekretariatan pendidikan dan hubungan dengan masyarakat.

Penelitian ini diharapkan berguna bagi kepala sekolah dan personil sekolah lainnya untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan administrasi dalam menyelenggarakan pendidikan berwawasan keunggulan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan tenaga administrasi lainnya di SMP Negeri 7 Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Data tentang pelaksanaan administrasi dalam penyelenggaraan pendidikan berwawasan menggunakan pedoman wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi kemudian dianalisis dengan teknik naratif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan kurikulum dan pengajaran cukup memadai dan berpedoman kepada kurikulim nasional diperkaya dengan muatan lokal, personalia pendidik belum memadai, penerimaan siswa baru belum melalui tes penyaringan yang ketat, sarana prasarana ruangan secara umum cukup memadai, dana operasional sekolah diperoleh dari masyarakat, siswa atau orangtua siswa dan dana rutin, layanan kesehatan yang melalui UKS dan BK. Administrasi keakademikan telah dapat dilaksanakan dengan baik, mekanisme hubungan yang dilakukan sekolah dengan masyarakat dilaksanakan memalui pemanggilan orangtua ke sekolah dan belum menggunakan media cetak dan elektronika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter