PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PRIBADI TERHADAP PRESTASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Rijali Akmal Rijali Akmal

Abstract


Biaya pendidikan merupakan suatu konsep yang seharusnya ada dan tidak dapat di pahami tanpa mengkaji konsep-konsep yang mendasarinya. Secara umum pembiayaan pendidikan adalah sebuah kompleksitas yang didalamnya akan terdapat saling keterkaitan pada setiap komponen yang memiliki rentang yang bersifat mikro (satuan pendidikan) hingga yang makro (nasional) yang meliputi sumber-sumber pembiayaan pendidikan. Hal ini tentunya mempengaruhi tingkat hasil prestasi siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pembiayaan pendidikan pribadi keluarga mampu dan tidak mampu di sekolah SMAN 8 Pekanbaru dan untuk mengetahui apakah pembiayaan pendidikan pribadi berpengaruh terhadap hasil prestasi belajar siswa . sampel pada penelitian ini berjumlah 168 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII IPA dan IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung untuk biaya pendidikan pribadi sebesar 0,00034 dan untuk hasil belajar thitung sebesar 3,340 dan  = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai thitung< ttabel.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter