PENGARUH SISTEM PEMONDOKAN TERHADAP PERILAKU SISWA BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SLTP BABUSSALAM PEKANBARU

ali amran ali amran

Abstract


Penelitian ini mengambil pokok permasalahan apakah ada pengaruh positif atau negatif sistem pemondokan terhadap perilaku siswa. Untuk mengetahui dan menemukan jawaban dari permasalahan tersebut penulis mengemukakan hipotesis yang merupakan jawaban sementara yaitu: ada pengaruh positif dan negatif sistem pemondokan terhadap perilaku siswa berdasarkan nilai-nilai pancasila di SLTP Babussalam Pekanbaru dengan sampel 43 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan dalam tehnik angket, observasi dan wawancara. Dalam mengelolah data dari angket yang telah disebarkan kepada responden tersebut dan disajikan dalam bentuk prosentase dengan menggunakan rumus . Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan di lapangan baik melalui wawancara dan observasi serta angket yang diterima maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah positif yang diterima yaitu “ada pengaruh positif dan negatif sistem pemondokan terhadap perilaku siswa berdasarkan nilai-nilai pancasila di SLTP Babussalam Pekanbaru”. Sehingga dari perhitungan tentang pengaruh pemondokan terhadap perilaku siswa di SLTP Babussalam Pekanbaru rata-rata sekitar 95,4% maka penulis berkesimpulan hipotesis yang diajukan diterima yaitu sangat berpengaruh sistem pemondokan terhadap perilaku siswa berdasarkan nilai-nilai pancasila di SLTP Babussalam Pekanbaru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter