MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DAN LETAK GEOGRAFIS INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERGAMBAR

Syafriadi Syafriadi

Abstract


Penelitian tentang peningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep pembagian waktu dan letak geografis di Indonesia kelas V SD Negeri 014 Pulau Binjai Kecamatan Kuantan Mudik tahun pelajaran 2015/2016 ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan diharapkan siswa akan lebih paham dan mengerti. Waktu penelitian adalah kamis, 3 September 2015 dan Kamis, 8 Oktober 2015. Alokasi waktu 2x 35 menit dengan jumlah 12 siswa. Hasil ulangan harian siswa pada awal semester I diketahui tingkat ketuntasan kelas baru mencapai 45.65 dengan KKM yang ditetapkan sebesar 65. Maka siswa kelas V belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini memerlukan suatu upaya perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga penguasaan konsep pada siswa semakin meningkat. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran  berupa gambar. Media pembelajaran berupa gambar termasuk faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, karena media pembelajaran berupa gambar memiliki kelebihan di mana para siswa akan lebih paham dan mengerti tentang materi yang disampaikan guru. Sehingga proses pembelajaran dapat berjlan dengan lancar, siswa dapat lebih paham akan materi serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter