MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMOSTRASI DI SEKOLAH DASAR

marjan marjan

Abstract


Penelitian meningkatkan hasil  belajar siswa terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran demostrasi  di kelas VI SDN 012 Lebuh Lurus Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi tahun pelajaran 2009/2010 adalah untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar dan kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi  operasi bilangan bulat. Hal ini karena guru tidak melibatkan siswanya  selama proses belajar mengajar berlangsung sehingga siswa cenderung pasif. Objek penelitian adalah siswa dikelas VI ada 25 orang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 17 orang. Bidang studi yang akan di teliti adalah matematika. Waktu penelitian tanggal 1 sampai 15 Oktober 2009. Hasil penelitian menunjukkan, pada pra siklus nilai grafik tertinggi terjadi pada 0-49 dan 50-59 yakni 40 %. siklus I siswa yang mendapatkan garifik tertinggi terjadi pada nilai 50-59 yaitu 58% dan setelah dilakukan siklus II maka grafik tertinggi siswa tedapat pada nilai 70-79  yakni 32% dengan demikian peningkatan belajar siswa lebih kurang 50% . Peningkatan  diatas berarti guru merupakan salah satu faktor yang cukup menentukan keberhasilan siswa dalam belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter