MENINGKATKAN PRESTASI BEAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY

Kardiman Kardiman

Abstract


 

Penelitian meningkatkan prestasi beajar IPA dengan metode pembelajaran discovery siswa kelas IV SD Negeri 001 Pasar Inuman Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi tahun pelajaran  2010/2011 ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran discovery  ini diterapkan tentang hewan berdasarkan jenis makanannya. Karena siswa tidak memahami materi yang disampaikan, siswa pasif, dan tidak dapat menyelesaikan soal latihan dengan benar.  Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober 2010 sampai dengan 3 November 2010 terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan jumlahnya 15 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data persiklus, dengan nilai ketuntasan 70 keberhasilan siswa diperoleh siklus I siswa yang tuntas 7 dari 15 siswa (45%) dan siklus II siswa yang tuntas 15 dari 15 siswa (100%). Dari siklus II semua siswa berhasil menuntaskan materi pembelajaran. Penggunakan metode discovery (penemuan) memebuat siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan dan nilai hasil belajar akan lebih meningkat.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter