PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V TAHUN PELAJARAN 2012/2013

erha erha

Abstract


Penelitian tentang  penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V tahun pelajaran 2012/2013 ini bertujuan untuk mendapat gambaran bagaimana perbaikan pembelajaran IPA dapat meningkat prestasi belajar dan disiplin siswa melalui metode percobaan (eksperimen). Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Nopember   tahun 2012. Jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 9 orang perempuan dan waktu pelaksanaan terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Dari data yang diperoleh, penguasaan siswa terhadap materi pelajaran belum begitu memuaskan. Hanya 6 siswa dari 23 siswa kelas V yang mendapat nilai memuaskan pada siklus I. Pada siklus II lebih menekankan pada kegiatan penjelasan dengan menggunkan metode ekperimen sehingga Nilai siswa lebih miningkat dan  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahaminya. Sehingga bisa dikatakan berhasil karena dari 20 siswa hanya 1 siswa mendapatkan nilai di bawah 60 atau dibawah enam. Penggunaan materi pelajaran dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode mengajar berpariasi yang optimal dapat memberikan rangsangan kreatifitas siswa, sehingga suasana kelas konduktif, maka terciplah suasana pembelajaran aktif kreatif dan menyenangkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter