PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kenedi Kenedi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa       melalui pembelajaran model Elaborasi. (1) Bagi siswa, strategi pembelajaran model elaborasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 Pendalian IV Koto. (2) Bagi guru, strategi pembelajaran model elaborasi yang di lakukan pada penelitian ini di harapkan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) Bagi sekolah, strategi pembelajaran model elaborasi ini di harapkan menjadi salah satu masukan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar matematika. (4) Dari hasil analisis didapat prestasi belajar siswa  siklus ke 2 ,  14,29% siswa yang masih mencapai hasil belajar dengan kategori nilai baik. Untuk kategori nilai  baik sekali dan istimewa ada 85,71% siswa. Hasil penelitian menunjukan: 1). Penerapan metode elaborasi baik pada mata pelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal 2). Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran walaupun memilih satu metode pembelajaran seperti metode elaborasi, kita harus punya strategi yang tepat sehingga penerapan metode tersebut benar-benar sesuai dengan  karakteristi materi pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter