IDENTIFIKASI CARA BELAJAR SISWA KELAS V SDN 001 KECAMATAN KUANTAN MUDIK

Aswita Aswita

Abstract


Berdasarkan hasil observasi penulis di SDN 001 Kecamatan Kuantan Mudik kurangnya semangat siswa dalam belajar, dan masih ada siswa yang tidak mempunyai jadwal belajar. Temuan tersebut, salah satu bantuan dan bimbingan yang diberikan agar siswa dapat mengembangkan potensi dan kemampuan dengan melalui cara belajar siswa dalam bidang bimbingan belajar yang merupakan salah satu unsur bimbingan dan konseling. Cara ini meliputi cara mengikuti pelajaran, mencatat, membaca, menghadapi ujian, menyusun rencana kegiatan belajar. Metode penelitian mencakup tahapan mengemukakan asumsi, menetapkan populasi dan sampel, menetapkan data yang terkumpul dan menyusun alat pengumpul data. Analisis data menggunakan rumus formula P yaitu P=F/N dan pengolahan data menggunakan rumus  IDEAL + (Z x IDEAL). Aspek cara mengikuti pelajaran dari 66 orang siswa, dapatkan dikategorikan (25% tinggi, 50% sedang, 0 % rendah). Aspek cara mencatat dikategorikan (50% tinggi, 50% sedang, 0 % rendah). Aspek cara membaca dikategorikan (75% tinggi, 25% sedang, 0 % rendah). Aspek cara menghadapi ujian dikategorikan (75% tinggi, 25% sedang, 0 % rendah). Aspek cara menyusun rencana kegiatan belajar dikategorikan (50% tinggi, 50% sedang, 0 % rendah). Dengan demikian penelitian identifikasi cara belajar siswa ini masuk pada kategori tinggi. Sebab itu perlu rekomendasi yang disampaikan kepala sekolah agar dapat dipertahankan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter