PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN DAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MEMBUAT RINGKASAN CERITA

Marianis Marianis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktifitas dan minat belajar siswa kelas IV SDN 001 Teluk Beringin pada mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman konsep bilangan pecahan pada pembelajaran matematika. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat ringkasan cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter