PENGGUNAAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA SEKOLAH DASAR

Parwono Parwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan metode inquiri terhadap peningkatan motivasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 015 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir, baik secara kelompok maupun perseorangan (individu). Penelitian dilakukan pada 25 orang siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi yang diperoleh dari aktifitas guru, aktifitas siswa dan tingkat motivasi belajar siswa. Data analisis untuk mengukur tingkat keberhasilan peningkatan motivasi belajar siswa sehingga dapat mencapai lebih dari 70% dengan skor maksimal 150 dalam kategori “tinggi”. Hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiri berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 015 Beringin Jaya. Besarnya pengaruh metode inquiri tersebut adalah 72% atau mencapai skor 118.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter