MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN ANGKA 1 – 10 DENGAN MENGGUNAKAN METODE 10 JARI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Naim Naim

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam rangka memberikan ketrampilan perhitungan perkalian angka 1 – 10 dengan alat bantu alami berupa 10 jari tangan. Konsep yang diberikan dilakukan denga 2 siklus, untuk siklus I perkalian angka 1 dan 10, kemudian angka 2,3 dan 4. Sementara pada siklus II perkalian angka 5 dan 9, kemudian angka 6,7 dan 8. Semua perhitunganya cukup dengan 10 jari tangan. Penelitian ini dilakukan pada kelas III SDN 21 Selat Baru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Hasil penelitian tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum tindakan yaitu 64,81 dan setelah tindakan 75,00 yakni ada kenaikan sebesar 15,71%. Kemudian nilai rata-rata sebelum tindakan pada siklus II yakni sebesar 68,86 menjadi 77,27 setelah tindakan atau naik sebesar 12,21%. Artinya bahwa pemberian pemahaman dan ketrampilan perkalian dengan memanfaatkan 10 jari memiliki dampak yang cukup besar terhadap hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter