PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KONVENSIONAL (CERAMAH) DENGAN COOPERATIF (MAKE – A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ibrahim Ibrahim

Abstract


Penerapan model pembelajaran modern baik kontektual maupun kooperatif di sekolah yang berada diwilayah pedesaan tidak semudah jika dibandingkan dengan sekolah yang berada diwilayak kota. Pemahaman dan pengetahuan serta pengalaman belajar sangat jauh berbeda, termasuk faktor lingkungan masyarakat, sekolah serta ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Metode konvensional tidak mudah begitu saja ditinggalkan, maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara model  konvensional dengan model kooperatif. Hail penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata mengalami kenaikan sebesar dari 66,04 menjadi 72,32 atau naik sebesar 9,52% pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua yaitu sebesar 66,54 menjadi 75,75 atau naik sebesar 13,85%. Jadi kolaborasi model pembelajaran konvensional-ceramah dengan model kooperatif- Make – A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter