METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII-G SMPN 3 Tapung Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penerapan metode Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menganalisis secara deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai bulan Oktober 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G yang berjumlah 36 orang siswa terdiri dari 20 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh peneliti, daya serap peserta didik sebelum PTK yaitu 73.1. Setelah PTK pada siklus I sebesar 80.8. Pada siklus II sebesar 85.3. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VII-G SMPN 3 Tapung Tahun Pelajaran 2014/2015.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.