PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES SISWA SMP

Muhammad Idris

Abstract


Penelitian ini membahas hasil belajar Penjaskes pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung. Ditemukan bahwa hasil belajar Penjaskes siswa kelas VIII-B yang rendah. Proses pembelajaran hanya terfokus pada guru sehingga interaksi antar siswa dan guru sangat rendah. Proses pembelajaran ini mengakibatkan aktivitas siswa menjadi pasif di dalam mengikuti proses pembelajaran dan berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkan suatu model pembelajaran yang inovatif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatf tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatf tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Penjaskes pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal Juli sampai dengan Agustus 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 3 Tapung dengan jumlah siswa 36 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatf tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menjadi lebih baik melalui penerapan model pembelajaran kooperatf tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional. Hasil belajar sebelum PTK nilai daya serap siswa sebesar 74.4, setelah PTK pada siklus I sebesar 85, setelah PTK siklus II sebesar 87.5%. Ketuntasan belajar siswa sebelum PTK sebesar 23 orang siswa (63.9%), pada siklus I sebesar 32 orang siswa (88.9%), dan pada siklus II sebesar 34 orang siswa (94.4%). Terbukti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatf tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Penjaskes pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung tahun ajaran 2016/2017.


Keywords


STAD, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter