PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Harsikah Harsikah

Abstract


Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas I SD Negeri 008 Sungai Kuning. Penggunaan alat bantu peraga benda-benda kongkrit  dalam mengenal bangun datar sederhana pada mata pelajaran Matematika. Siswa berjumlah 30 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 22 siswa atau kurang lebih 73 % sedangkan hasil evaluasi pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 27 siswa atau kurang lebih 90 %. Nilai evaluasi Siklus I dan Siklus II mengalami penigkatan. Dengan alat bantu benda-benda kongkrit siswa dapat mengenal bangun datar sederhana dengan baik sehingga standar kelulusan belajar tercapai. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi siklus I menunjukkan standar ketuntasan belajar mencapai 73 % dan siklus II siswa mengalami ketuntasan belajar sampai 90%.


Keywords


Alat Peraga, Matematika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter