PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Ernalita Ernalita

Abstract


Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN 002 Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2013/2014 masih rendah, sehingga hasil belajarnya belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah, sebab metode yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian digunakan lembar obsevasi yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir siklus. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan dengan menentukan jumlah dan persentase siswa yang terlibat pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami penigkatan, yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada dua siklus yang dilaksanakan sesuai dengan KKM yang ditetapkan yaitu 65. Sebelum penerapan pendekatan matematika realistik, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 12 siswa (37,5%). Setelah penerapan pendekatan matematika realistik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 17 siswa (53%)  dengan nilai rata-rata 67,1 pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan 31% pada siklus II, yaitu ada 27 siswa (84%)  yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 85,2.


Keywords


Matematika realistik, Kooperatif STAD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter