PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

fitra yulia rozi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  motivasi belajar IPS siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas IX-2 SMPN 6 Pekanbaru tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMPN 6 Pekanbaru dengan jumlah siswa 42 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari aktivitas guru dan motivasi belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,3% dengan kategori sempurna. Pada siklus II aktivitas guru mencapai 90% dengan kategori sangat sempurna. Hasil observasi motivasi belajar pada siklsu I mencapai 56,8% dengan kategori tinggi. Pada siklus II motivasi belajar siswa mencapai 76,2 % dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IX-2 SMP Negeri 6 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013.


Keywords


Two Stay Two Stray, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i1.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter