UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

astati astati

Abstract


Untuk mendapatkan pengembangan potensi seperti tersebut diatas, perlu menciptakan suasana pembelajaran yang memberi dorongan dengan membuat pendekatan pembelajaran yang sesuai, sehingga membuat motivasi belajar yang tinggi. Berdasarkan deskripsi diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini ialah: Apakah Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dapat Memotivasi Siswa Belajar Pada Bidang Studi Matematika Dan Bahasa Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: “Keinginan untuk berprestasi dijelaskan sebagai motifuntuk mencapai suatu standar kualitaa (Standart of Exelence/Mc. Clelland)”. Untuk mencapai kualitas tersebut, guru perlu melakukan perubahan menurut teori Ames dan Archer 1987: “Guru dapat mengubah (meningkatkan) motivasi belajar siswa”. Kenyataan perbaikan yang terjadi dalam pembelajaran sudah membawa perubahan, yakni sebagai berikut: 1) Mata Pelajaran Matematika: a) Guru sudah melakukanpengelolaan kelas yang baik, yaitu melalui pembentukan kelompok belajar/diskusi. b) Guru sudah selalu menggunakan alat peraga/media belajar saat menyampaikan materi pelajaran. 2) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu: a) Saat membaca suatu teks bacaan siswa sudah paham dan dapat menentukan kata-kata sulit. b) 85% siswa sudah memahami dan mulai berminat untuk membaca suatu bacaan.


Keywords


Motivasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i1.2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter