Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian dengan Media Kalkulator Jari pada Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar

* Miswati

Abstract


Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menelusuri dan mendapatkan gambaran secara jelas tentang situasi kelas dan tingkah laku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 013 Petai Baru Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah siswa 49 orang siswa yang terdiri dari 24 siswa putra dan 25 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli 2012 samapai dengan bulan Agustus 2012 semester I. Pada penelitian ini diterapkan penggunaan media kalkulator jari untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung perkalian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tindakan siklus pertama dan siklus kedua, penggunaan media kalkulator jari dapat meningkatkan kemampuan hitung siswa dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan rasa kerjasama siswa dalam menyelesaikan kerja kelompok. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media kalkulator jari efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar

Keywords


Media Kalkulator Jari, Kemampuan Menghitung Perkalian

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter