PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA MELALUI METODE RESITASI

Helpi Agustina

Abstract


Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas III SD Negeri 025 Sinambek kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi masih rendah sehingga hasil belajarnya belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan hasil belajar dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan selama dua siklus. Pada akhir siklus kedua siswa yang kelihatan bersemangat dalam menyelesaikan tugas 85%, keaktifan siswa yang menunjukkan kekompakan dalam pembelajaran 90%, dalam menyelesaikan tugas tepat waktu 90%, untuk kesesuaian dan ketepatan pemecahan masalah dengan tugas 75%, siswa yang memiliki ide dan pendapat dalam meyelesaikan tugas 75%, siswa yang kelihatan aktif dalam menyelesaikan tugas 90%. Untuk ketuntasan siswa dalam belajar matematika sudah mencapai 100%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Keywords


Metode Resitasi, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter