PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA

Raja Hasniwati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan di dalam kelas, guna memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas VII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2017. Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Rata-rata kelas sebelum PTK adalah 66.6 dengan kategori kurang. Pada siklus I memperoleh 74.0 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh 80.3 dengan kategori baik

Keywords


STAD, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter