PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Tiurmina Tiurmina

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-2SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 bulan Maret sampai dengan April 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 39 orang siswa, yakni terdiri dari 18 orang pria dan 21 orang wanita dengan kemampuan yang heterogen. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar siswa sebelum PTK adalah 67.4 dengan kategori kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 73.1 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 adalah 76.9 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 2 hasil belajar siswa adalah 78.5 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 4 adalah 81.0 dengan kategori baik

Keywords


Kooperatif, Media Gambar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter